alexa snippet

Maskapai Nasional Italia Berencana PHK 2.000 Karyawan

Maskapai Nasional Italia Berencana PHK 2.000 Karyawan
Maskapai nasional Italia yakni Alitalia dikabarkan berencana memangkas 2.000 pekerja, setelah pihak maskapai mencetak kerugian. Foto/Ist
A+ A-
ROMA - Maskapai nasional Italia yakni Alitalia kemungkinan besar bakal mengurangi 2.000 pekerja, setelah pemegang saham pengendali Etihad Airways mendorong untuk melakukan efisien setelah pihak maskapai mencetak kerugian. Berdasarkan sumber terdekat juga dinyatakan Alitalia akan mengurang 20 armada pesawat mereka.

Hal ini lantaran pihak maskapai harus mengurangi rute layanan domestik dan regional yang dinilai kurang menguntungkan, karena harus bersaing dengan maskapai berbiaya rendah dan kereta berkecapatan tinggi. Dilansir Reuters, Senin (28/11/2016) kemungkinan besar pihak Alitalia akan tetap merugi dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun kedepan, bahkan meski sudah memangkas pekerja.

Pihak Alitalia dinilai telah gagal memperlambat pelemahan maskapai terkait keuangan dan juga investasi, untuk kemudian mengurangi ambisi mereka untuk ekspansi ke Eropa. Hal ini juga mewakili kekalahan bagi pemerintah Italia yang kerap menganggap Alitalia sebagai aset strategis dan kebanggaan nasional serta untuk menarik investasi asing.

Sementara Roma saat ini berada dalam posisi sulit, ketika Perdana Menteri Matteo Renzi telah mempertaruhkan masa depan politiknya pada 4 Desember di tengah referendum konstitusional reformasi. Pihak Alitalia sendiri mengatakan tahap berikutnya mempersiapkan rencana industri yang akan disampaikan kepada Dewan Direksi dan staf, serta menegaskan tidak akan mengomentari spekulasi sampai saat itu.

Etihad sendiri telah menggelontorkan investasi sebesar 560 juta euro atau setara dengan USD591 juta ke Alitalia pada tahun 2014, sebagai bagian dari kesepakatan penyelamatan 1,76 miliar euro. Kesepakatan ini sebagai cara memperluas akses ke Eropa hingga berjanji untuk mengembalikan profitabilitas maskapai pada 2017.



(akr)
dibaca 5.650x
loading gif
Top