Tahun Depan Jadi Momentum Perusahaan Cari Dana di Pasar Modal

Kamis, 01 Desember 2016 - 11:20 WIB
Tahun Depan Jadi Momentum Perusahaan Cari Dana di Pasar Modal
Tahun Depan Jadi Momentum Perusahaan Cari Dana di Pasar Modal
A A A
JAKARTA - Chief Executive Partner RSM Indonesia Amir Abadi Jusuf menilai tahun 2017 akan menjadi momentum yang tepat bagi perusahaan untuk mencari dana murah di pasar modal melalui penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO). Kesempatan tersebut seiring dengan rencana kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) oleh The Fed alias Bank Sentral AS.

Dia menambahkan, perekonomian domestik pada tahun depan juga masih ekspansi dengan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1%. Sehingga menurutnya ada potensi besar pengembangan bisnis yang dimiliki melalui pendanaan IPO. "Dalam hal ini, RSM Indonesia menilai langkah IPO sangat positif bagi perkembangan perusahaan ke depannya," ujarnya di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Lewat IPO, dia menjelaskan perusahaan mendapatkan akses pendanaan yang beragam dan murah serta dapat meningkatkan pelaksanaan good corporate governance. Pada akhirnya, ini berujung pada peningkatan kinerja dan valuasi perusahaan.

Demi mendorong perusahaan untuk go public, RSM Indonesia yang merupakan perusahaan kantor akuntan dan konsultan bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) menggelar sosialisasi go public terhadap perusahaan-perusahaan mitra dari RSM Indonesia.

Menurut dia kegiatan ini bertujuan memberikan awareness mengenai proses go public, khususnya terhadap perusahaan-perusahaan yang merupakan mitra dari RSM lndonesia yang belum menjadi perusahaan terbuka.

"Tujuan lainnya adalah memberikan nilai tambah (value added) dan mensinergikan peranan BEI dan RSM Indonesia dalam mendukung pertumbuhan perusahaan serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," pungkasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi go public ini, para perusahaan yang menjadi peserta akan mendapatkan informasi mengenai market update dan proses go public dari Bursa Efek Indonesia. Kemudian, RSM Indonesia akan menyampaikan materi tentang hal-hal yang harus disiapkan oleh calon emiten dalam rangka pelaksanaan IPO, balk dari sisi audit, accounting, finance dan perpajakan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3337 seconds (0.1#10.140)