10 Pabrik AQUA Group Raih Anugerah PROPER Hijau 2016

Rabu, 07 Desember 2016 - 23:42 WIB
10 Pabrik AQUA Group Raih Anugerah PROPER Hijau 2016
10 Pabrik AQUA Group Raih Anugerah PROPER Hijau 2016
A A A
JAKARTA - AQUA Group meraih Anugerah PROPER Hijau 2016 atas implementasi sistem produksi bersih, program keanekaragaman hayati, serta pemberdayaan masyarakat yang melebihi standar penilaian. Penghargaan ini diberikan kepada 10 pabrik AQUA Group

Vice President General Secretary AQUA Grup, Leila Djafaar mengatakan, penghargaan Proper Hijau ini merupakan bukti bahwa AQUA Group konsisten dalam menerapkan indikator-indikator yang disyaratkan dalam penilaian. Penghargaan yang diberikan mendorong perusahaan terus meningkatkan kinerja lingkungan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang memberikan Anugerah Proper Hijau 2016 kepada 10 pabrik kami. Sebagai warga korporasi yang bertanggung jawab (good corporate governance), kami menaati seluruh peraturan pemerintah termasuk dalam kinerja lingkungan," ujar Leila dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/12/2016).

Proper Hijau juga memperlihatkan upaya AQUA dalam berkontribusi pada pengelolaan keanekaragaman hayati dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia. Selain kepatuhan terhadap peraturan dan standar pemerintah mengenai kinerja lingkungan, perusahaan asal Prancis ini juga melakukan inisiatif melebihi yang dipersyaratkan sebagai bentuk kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

"Penghargaan ini juga merupakan bentuk kerja keras karyawan kami dan komitmen manajemen dalam peningkatan pengelolaan lingkungan," kata Leila.

Sepuluh pabrik AQUA yang mendapatkan penghargaan ini adalah, pabrik Mekarsari, Pabrik Babakan Pari, Pabrik VIT Citereup, Pabrik AGM Citereup, Pabrik Lampung, Pabrik Wonosobo, Pabrik Mambal, Pabrik Pandaan, Pabrik Airmadidi dan Pabrik Klaten.

Setiap tahunnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan penilaian PROPER yang bertujuan mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk taat terhadap peraturan lingkungan hidup dan mencapai keunggulan lingkungan (environmental excellency).

Penilaian Propeer dimulai dari diterapkannya integrasi prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam proses produksi dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, 3R (reduce, reuse, recycle), efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis yang beretika, serta bertanggung jawab terjadap masyarakat melalui program pengembangan masyarakat.

Peringkat kinerja PROPER dibedakan menjadi lima warna yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam. Untuk aspek ketaatan adalah Biru, Merah dan Hitam.

Pada tahun ini, sebanyak 172 perusahaan dari berbagai industri mendapatkan PROPER Hijau, dari 443 yang menyerahkan dokumen hijau (total 1.422 perusahaan yang mengikuti uji PROPER).Dalam kategori industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) 10 pabrik AQUA Group yang meraih penghargaan ini menempati 10 peringkat teratas dalam penilaian.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4660 seconds (0.1#10.140)