Jembatan Cisomang Retak, KAI Tambah 6 Perjalanan Jakarta-Bandung

Rabu, 28 Desember 2016 - 12:12 WIB
Jembatan Cisomang Retak, KAI Tambah 6 Perjalanan Jakarta-Bandung
Jembatan Cisomang Retak, KAI Tambah 6 Perjalanan Jakarta-Bandung
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan penambahan enam rute perjalanan Jakarta-Bandung di musim Natal dan Tahun Baru 2017. Hal ini menyusul peristiwa retaknya jembatan Cisomang di ruas Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) akibat pergeseran (deformasi) pada pilar kedua (P2) jembatan tersebut.

(Baca: Jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi Bergeser 53 Cm)

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, penambahan perjalanan tersebut telah dimulai sejak 23 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017. Sejak dibukanya enam rute perjalanan tersebut, penumpang pun penuh dalam tiap perjalanannya.

"‎Cisomang kan ada yang perlu kita bantu. Maka kami langsung mengerahkan ada enam perjalanan tambahan Jakarta-Bandung. Ya memang penuh, karena banyak orang yang membutuhkan karena di negara ini saya merasa semua alat transportasi manakala masyarakat membutuhkan kita harus bergandeng tangan. Tidak ada kata saingan," katanya di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (28/12/2016).

(Baca: Jasa Marga Alihkan Kendaraan Jakarta-Cipularang ke Cipali)

Dia memperkirakan, jumlah penumpang rute Jakarta-Bandung hingga berakhirnya masa liburan tahun baru mencapai 1.200 orang. "‎Bisa 1.200-an orang PP Jakarta-Bandung. Dan itu sampai kemarin malam itu penuh," imbuh dia.

Menurutnya, KAI akan terus memberlakukan perjalanan tambahan Jakarta-Bandung hingga Jembatan Cisomang selesai direnovasi. Renovasi Jembatan Cisomang sendiri diperkirakan akan selesai tiga bulan mendatang.

"‎‎Ini kita melihat kondisinya. Kalau memang perlu bantuan terus menerus maka akan kita bantu sampai jembatan Cisomang bisa membantu saudara kita untuk pulang-pergi. Ingat kereta ini bukan hanya karena operasi Natal dan Tahun Baru. Tapi memang ini arus yang terus menerus sibuk," tutur Edi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6486 seconds (0.1#10.140)