Sektor Riil

PT KAI uji coba rel ganda Sragi-Petarukan

Selasa,  25 September 2012  −  17:35 WIB
PT KAI uji coba rel ganda Sragi-Petarukan
Ilustrasi

Sindonews.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) IV Semarang melakukan uji coba (test track) pada perlintasan rel ganda di tiga stasiun kereta api (KA) Sragi Kabupaten Pekalongan-Comal dan Petarukan Kabupaten Pemalang. Hal itu untuk menguji kelayakan rel ganda sebelum nantinya dioperasikan.

Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Arief Wahyudi mengatakan, uji coba rel ganda di Sragi, Comal dan Petarukan merupakan salah satu upaya PT KAI dalam memperlancar arus lalu lintas KA di jalur utara. Uji coba rel ganda dilakukan secara serempak di tiga titik tersebut.

"Teknisnya KA melakukan perpindahan dari single track (rel satu) ke double track (rel ganda)," terang Arief kepada sejumlah wartawan di Stasiun KA Sragi, Selasa (25/9/2012).

KA harus melintasi rel baru itu lantaran infrastruktur rel ganda telah selesai dibangun. Selama dilakukan pengujian, KA tidak bisa melintas dengan kecepatan tinggi.

Kecepatan yang ditentukan oleh PT KAI yakni sebelum pukul 17.00 kecepatannya tidak lebih dari 45 kilometer (km) per jam. Lebih dari pukul 17.00, kecepatan KA bisa ditambah yaitu tidak lebih dari 70 km per jam.

Pembatasan kecepatan itu dilakukan selama masa uji coba rel ganda di tiga titik. Dimulai dari 25 September hingga tujuh hari kedepan. "Semoga sebelum tujuh hari. Kondisinya sudah layak," harap petinggi Daop 4 Semarang.


(gpr)

views: 1.465x
shadow