Sektor Riil

Riau Pulp janji ciptakan produksi ramah lingkungan

Sabtu,  16 Maret 2013  −  15:47 WIB
Riau Pulp janji ciptakan produksi ramah lingkungan
Ilustrasi/foto agro.kemenperin.go.id

Sindonews.com - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyatakan, akan menciptakan produksi ramah lingkungan. Salah satunya dengan melakukan penghitungan jejak karbon atau carbon footprint yang dihasilkan dalam proses produksi pulp dan kertas.

Perhitungan jejak karbon tersebut dilakukan oleh konsultan internasional dari Swedia, yaitu IVL Swedish Environmental Research Institute.

Direktur PT RAPP, Mulia Nauli mengatakan, bahwa inisiatif melakukan penghitungan jejak karbon ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan yang ramah terhadap lingkungan.

"Hasil penghitungan tersebut sangat membantu kami dalam melakukan upaya mitigasi emisi gas rumah kaca dalam keseluruhan proses produksi pulp dan kertas kami, mulai dari proses pengadaan bahan baku sampai ke tahap akhir dari produk kami setelah tidak dimanfaatkan lagi. Melalui efisiensi dan inovasi teknologi, baik di hutan tanaman maupun di mill kami," katanya, Sabtu (16/3/2013).

Sementara itu, Dian Novarina, selaku Sustainability Head PT RAPP mengatakan, penghitungan jejak karbon dan kajian terkait penghitungannya bukan merupakan suatu proses yang statis.

Diperolehnya data dan informasi yang lebih akurat, serta diterapkannya inovasi teknologi untuk meningkatkan efisiensi proses produksi serat kayu, pulp dan kertas akan dapat terus memperbaiki hasil penghitungan jejak karbon tersebut.

"Pengukuran jejak karbon ini membantu kami untuk melakukan perbaikan secara terus-menerus di semua lini dalam proses produksi kami untuk menjawab tantangan perubahan iklim dan mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca," ujar Dian.


(izz)

views: 738x
shadow