Inflasi di Zona Euro naik menjadi 0,9%

Jum'at, 29 November 2013 - 21:06 WIB
Inflasi di Zona Euro naik menjadi 0,9%
Inflasi di Zona Euro naik menjadi 0,9%
A A A
Sindonews.com - Badan Statistik Eropa, Eurostat mencatat inflasi di Zona Euro naik menjadi 0,9 persen pada November 2013, dari posisi terendah dalam empat tahun sebesar 0,7 persen Oktober lalu.

Dilansir dari AFP, Jumat (29/11/2013), inflasi terus jatuh yang berlari 2,2 persen pada November 2012, menempatkan tekanan lebih kepada Bank Sentral Eropa (ECB) untuk berbuat lebih banyak dalam mendukung perekonomian.

ECB mendasarkan kebijakan moneter untuk menjaga inflasi di dekat 2,0 persen dan awal bulan ini menurunkan suku bunga acuan ke rekor terendah 0,25 persen dari 0,50 persen.

Zona Euro lolos dari rekor 18 bulan resesi pada kuartal kedua tahun ini dengan pertumbuhan 0,3 persen. Namun, melambat drastis menjadi hanya 0,1 persen pada kuartal ketiga.

Disinflasi menggambarkan jatuh dengan kenaikan harga tetap di wilayah positif, mencerminkan ekonomi stagnan di mana pertumbuhan dan pekerjaan yang sulit dipahami. Risikonya adalah disinflasi menjadi deflasi atau penurunan harga secara riil yang mendorong konsumen menunda membeli barang dengan harapan jika mereka menunggu akan lebih murah.

Hal ini menghambat permintaan, menambah tekanan ke bawah terhadap perekonomian yang mengakibatkan perusahaan menahan investasi, pada gilirannya berdampak terhadap pekerjaan dan permintaan dalam lingkaran setan terlihat paling buruk seperti depresi Besar pada 1930-an.

Howard Archer dari IHS Global Insight mengatakan laporan inflasi November yang sederhana meringankan kekhawatiran bahwa di Zona Euro sedang menuju deflasi dan akan menjadi bantuan bagi ECB.

Archer menambahkan dirinya tidak berekspektasi ECB akan mengambil tindakan lebih lanjut pada pertemuan kebijakan berikutnya pekan depan.

ECB sendiri dapat memangkas suku bunga menjadi 0,1 persen atau nol, bahkan bisa memaksakan tarif negatif pada deposito bank komersial yang dimilikinya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5365 seconds (0.1#10.140)