Elnusa siapkan capex tahun ini Rp1,2 T

Senin, 10 Maret 2014 - 17:14 WIB
Elnusa siapkan capex tahun ini Rp1,2 T
Elnusa siapkan capex tahun ini Rp1,2 T
A A A
Sindonews.com - PT Elnusa Tbk (ELSA) menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini sebesar Rp1,2 triliun.

Investor Relation Elnusa Rifqi Budi Prasetyo mengatakan, dana capex tersebut sekitar Rp550 miliar untuk DOS atau driling & oilfield, Rp400 miliar untuk pengembangan bisnis, geoscience sebesar Rp200 miliar dan Rp50 miliar untuk subsidiaries.

“Dari capex itu, sekitar 30 persen dari kas internal, sementara sisanya dari perbankan,” papar dia di Jakarta, Senin (10/3/2014).

Sekretaris Perusahaan Elnusa Fajriyah Usman menambahkan, DOS merupakan bisnis yang kinerjanya didorong oleh perseroan lantaran memberikan marjin tinggi, sehingga belanja modal perseroan rencananya akan digunakan untuk pembelian peralatan baru dalam rangka meningkatkan kinerja DOS.

Menurut dia, kinerja bisnis DOS tahun lalu tumbuh 33 persen. Bahkan, pertumbuhan DOS dalam tiga tahun terakhir mencapai hampir dua kali lipat dan diperkirakan tumbuh 100 persen dalam tiga tahun ke depan.

“Sementara marjin kotor DOS juga naik signifikan dari 12 persen pada tahun 2012 menjadi 18 persen pada akhir tahun 2013,” pungkas dia.

Perseroan pada tahun ini berencana mengakuisisi perusahaan pengolahan biodisel. Division Head New Venture and Strategis Planning ELSA Sri Nirbito menuturkan, dana investasi yang dibutuhkan untuk akuisisi ini sekitar USD10-15 juta.

Menurut Nirbito, rencana akuisisi ini bertujuan agar lini usaha perseroan di bidang biodisel dapat segera mulai berproduksi tahun ini. “Sebelumnya kami rencana bangun pabrik pengolahan biodisel sendiri. Namun pembangunan pabrik itu butuh waktu cukup lama, sehingga langkah akuisisi ini yang diambil,” ujar dia.

Saat ini, perseroan sedang mengkaji beberapa lokasi yang akan dimanfaatkan untuk pengolahan biodisel. Selain itu, pihaknya akan melakukan divestasi anak usaha atau aset yang tidak produktif (aset tidak bernilai tambah).

Vice President of Corporate Finance ELSA Nurkholis menuturkan, tujuan perseroan mengambil kebijakan itu untuk meningkatkan performa Elnusa yang hanya fokus dengan core bisnis saja. “Kami akan lakukan divestasi di bidang seismik. Seperti pada Elnusa ECS (join venture dengan perusahaan bidang seismik). Kami akan melepas semua saham di sana,” tegas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7957 seconds (0.1#10.140)