Indeks Manufaktur China Naik Tertinggi dalam Lima Bulan

Minggu, 01 Juni 2014 - 12:21 WIB
Indeks Manufaktur China Naik Tertinggi dalam Lima Bulan
Indeks Manufaktur China Naik Tertinggi dalam Lima Bulan
A A A
BEIJING - Indeks Manufaktur China tumbuh di laju tercepat dalam lima bulan, ini sebagai tanda langkah-langkah pemerintah untuk melawan perlambatan ekonomi mendapatkan traksi.

Biro Statistik Nasional dan Federasi Logistik dan Pembelian China melaporkan di Beijing hari ini bahwa Indeks Manajer Pembelian (CPMINDX) naik menjadi 50,8 pada Mei, dibandingkan dengan 50,7 dari estimasi median analis yang disurvei Bloomberg News.

Partai Komunis telah meningkatkan kecepatan langkah-langkah stimulus, termasuk belanja lebih cepat dari anggaran pemerintah dan meningkatkan investasi kereta api, untuk membantu memenuhi target pertumbuhan resmi sekitar 7,5 persen tahun ini.

Pihak berwenang bersaing dengan kemerosotan pasar properti yang mengancam ekonomi. Sementara mereka mencoba untuk mempertahankan upaya untuk membatasi shadow banking, polusi dan korupsi.

"Setelah awal yang mengecewakan tahun ini, pertumbuhan sedang stabil berkat program stimulus mini dari pemerintah," kata Lu Ting, kepala ekonomi Greater China di Bank of America Corp di Hong Kong seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (1/6/2014).

"Pada saat yang sama, PMI di bawah 51 masih lemah dan masih ada headwinds kuat, karena penurunan dari sektor properti dan kampanye anti-korupsi," imbuh dia.

Perkiraan dari 30 analis untuk angka hari ini berkisar 50,1-51,5. PMI manufaktur terpisah dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics naik tertinggi dalam lima bulan dari 49,7 pada Mei, berdasarkan pembacaan awal yang dirilis pada 22 Mei.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4401 seconds (0.1#10.140)