Ini Alasan Pemerintah Tunda Pembangunan JSS

Selasa, 26 Agustus 2014 - 17:39 WIB
Ini Alasan Pemerintah Tunda Pembangunan JSS
Ini Alasan Pemerintah Tunda Pembangunan JSS
A A A
JAKARTA - Deputi Menteri Perekonomian Luky Eko Wuryanto menjelaskan, untuk pembangunan proyek infrastruktur Jembatan Selat Sunda (JSS) memang sengaja dilakukan penundaan. Pasalnya jika JSS selesai dibangun, dia menilai akan banyak masyarakat Sumatera yang menyambangi pulau Jawa.

"Jika ada jembatan JSS, yang ada Jawa semakin penuh, karena akses jalannya jadi lebih gampang," ujar Luky di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Selasa (26/8/2014).

Luky menilai tujuan adanya JSS adalah untuk proses pemerataan ekonomi. Ssehingga, perekonomian Indonesia tidak hanya terpusat di pulau Jawa saja. Namun karena pulau Jawa sudah penuh sesak dengan pendatang, pemerintah mencegah masyarakat Sumatera datang lebih banyak lagi ke Jawa.

"Pemerintah itu ingin masyarakat Jawa yang pindah ke pulau Sumatera jika JSS jadi dibangun. Karena, semakin banyak orang Sumatera meninggalkan Sumatera, kita inginnya itu orang Jawa yang ke sana," jelas Luky.

Luky menambahkan, pemerintah ingin menunggu tol Trans Sumatera selesai terlebih dahulu sebelum membangun JSS. Dengan adanya tol Trans Sumatera, perekonomian di pulau Sumatra menjadi lebih baik dan terarah.

"Kita tidak ingin jembatan JSS ada sebelum Sumatera lebih baik, karena tol Sumatera sangat penting, itu mengintegrasi ekonomi," ungkap Luky.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5531 seconds (0.1#10.140)