Lemahnya Rupiah Karena Normalisasi Ekonomi AS

Rabu, 27 Agustus 2014 - 14:48 WIB
Lemahnya Rupiah Karena Normalisasi Ekonomi AS
Lemahnya Rupiah Karena Normalisasi Ekonomi AS
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Chatib Basri menjelaskan, mengenai rupiah yang melemah saat ini karena menguatnya indeks dolar Amerika Serikat (AS) akibat normalisasi ekonomi negara Adidaya tersebut.

"Hasil cenderungannya terlihat bahwa kemungkinan terjadinya normalisasi di Amerika. Ini ternyata lebih cepat dari yang diperkirakan. Ini isu yang menurut saya, harus lebih serius untuk diperhatikan," ujarnya di gedung DPR Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Mengenai dampak yang akan terjadi untuk Indonesia, menurut dia, adalah jika normalisasi terjadi. Sementara yang harus dilakukan dan dijaga adalah bagaimaan pasar keuangan tidak terguncanag di 2015.

"Caranya dengan kita melakukan diversifikasi pasar, terkait source financing, supaya nanti pembiayaan APBNP 2015 aman," ujarnya.

Menurut Chatib, itu langkah utama yang harus dilakukan kalau AS melakukan normalisai dengan rate yang tinggi. "Dan saya kira, pasti seluruh emerging market akan mendapat tekanan dari kondisi tersebut, termasuk Indonesia," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5377 seconds (0.1#10.140)