Chatib Yakin Asumsi Rupiah Mampu Capai Target

Senin, 29 September 2014 - 21:18 WIB
Chatib Yakin Asumsi Rupiah Mampu Capai Target
Chatib Yakin Asumsi Rupiah Mampu Capai Target
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri mengaku yakin asumsi nilai tukar rupiah terhadap dolar (USD) Rp11.900 akan tercapai meski bank sentral Amerika Serikat (The Fed) berencana mempercepat kenaikan tingkat suku bunganya (fed fund rate).

Dia mengatakan, hal ini lantaran pasar telah mengantisipasi kenaikan tersebut melalui mekanisme price in. "Sebelum terjadi sudah mengkalkulasi dan memasukkan dalam nilainya," ujar dia di Gedung Ditjen Pajak, Jakarta, Senin (29/9/2014).

Chatib menuturkan, pada saat The Fed menaikkan tingkat suku bunganya, market tidak akan bereaksi tinggi, dengan melalui mekanisme price in. Menurutnya, market akan menginternalize kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

"Dengan langkah yang kita lakukan, market akan menginternalize kebijakan yang dibuat. Pemerintah fleksibel, alokasi BLSM fleksibel, kalo BBM dinaikkan, maka kita akan berada pada kisaran rupiah lebih kuat. Itu sebabnya dalam APBN kita asumsikan Rp11.900," tutur dia.

Sebab, lanjut dia, baik market ataupun pemerintah sudah memperikrakan. Pola pun sudah menginternalize bahwa rupiah akan stabil.

"Karena kita sudah memperkirakan, pola sudah menginternalize, rupiah akan stable. Market akan lihat, pemerintahnya ready enggak" tandas dia.

(Baca: Menkeu Bantah Pelemahan Rupiah Akibat UU Pilkada dan APBN)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4884 seconds (0.1#10.140)