Nasabah Kredit Pegadaian Palembang Tumbuh 15%

Senin, 13 Oktober 2014 - 10:27 WIB
Nasabah Kredit Pegadaian Palembang Tumbuh 15%
Nasabah Kredit Pegadaian Palembang Tumbuh 15%
A A A
PALEMBANG - Nasabah Kredit Angsuran Sistem Fidusia (Kreasi) yang dikelola Pegadaian Palembang tumbuh 15%. Nasabah didominasi pelaku UMKM sebanyak 2.000 orang.

Asisten Penjualan Pegadaian Palembang Firdaus Ardi mengatakan, pihaknya mendorong pelaku UMKM untuk maju dengan memberikan fasilitas kredit usaha yang terjangkau.

Produk Kreasi Pegadaian diakuinya cukup membantu para pelaku usaha mikro, karena menggunakan sistem fidusia. Yakni, agunan pinjaman hanya berupa BPKB, sementara kendaraan masih bisa digunakan untuk usaha.

"Total 2.000 nasabah Kreasi yang kami bina. Rata-rata bergerak di bidang perdagangan dan industri jasa," terangnya di Hotel Swarna Dwipa, Minggu (12/10/2014).

Menurutnya, jumlah pembiayaan kredit yang sudah disalurkan hingga Oktober 2014 sebanyak Rp8 miliar. Adapun target hingga akhir tahun di wilayah Palembang sebesar Rp10 miliar.

Dia mengungkapkan, pada tahun lalu pihaknya berhasil menyalurkan sebesar Rp3 miliar dari target Rp6 milar atau tercapai 50%.

"Tahun lalu mungkin belum tercapai, tapi tahun ini kami optimistis mampu mengejar di tiga bulan berjalan ini. Karena itu, kami terus kejar pertumbuhan nasabah baru hingga tercapai 3.000 orang," ujarnya.

Bagi yang berminat mendapatkan fasilitas produk Kreasi, jelas Firdaus, disyaratkan memiliki usaha yang layak, minimal sudah berjalan satu tahun. Setiap nasabah bisa memilih jangka waktu pinjaman 12, 18, 24, atau 36 bulan.

Kondisi kendaraan yang bisa diagunkan yakni motor produksi lima tahun terakhir dan mobil 10 tahun terakhir. Dia meyakinkan, proses pengajuan kredit hanya butuh tiga hari kerja.

"Produk Kreasi ini sudah berjalan sejak 2004 dan sebelumnya hanya berlaku di dua kantor cabang. Sekarang, masyarakat bisa mendatangi seluruh kantor cabang dan unit di Palembang," terang dia.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu pelaku UMKM, Meri mengatakan, dia membuka usaha kuliner yang omzetnya tidak terlalu besar. Saat ini tengah membuka cabang di area Taman Pelangi Palembang.

Dia baru menjadi nasabah Kreasi Pegadaian satu tahun terakhir. Dengan menjadi nasabah pegadaian diakuinya cukup mendapat banyak pembinaan.

"Seperti hari ini (kemarin), kami dapat pelajaran dari nara sumber profesional terkait langkah-langkah membangun bisnis bersistem. Ini tentu sangat berguna sekali," tuturnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7509 seconds (0.1#10.140)