Pefindo Tetapkan Peringkat AAA untuk PGAS

Jum'at, 24 Oktober 2014 - 14:57 WIB
Pefindo Tetapkan Peringkat AAA untuk PGAS
Pefindo Tetapkan Peringkat AAA untuk PGAS
A A A
JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAAA untuk PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dengan prospek stabil.

Analis Pefindo Gifar Indra Sakti mengatakan, peringkat itu mencerminkan peran penting perusahaan bagi pemerintah Indonesia, dan posisi pasar perusahaa yang sangat kuat pada sektor disrtribusi dan transmisi gas domestik didukung jaringan pipa ekstensif di Sumatera dan Jawa.

"Selain itu, struktur permodalan yang konservatif dengan proteksi arus kas dan likuiditas yang sangat kuat, serta kuatnya permintaan gas," kata dia dalam rilisnya, Jumat (24/10/2014).

Kendati demikian, peringkat tersebut dibatasi risiko pasokan gas alam perseroan. PGAS merupakan perusahaan plat merah yang bergerak pada sektor distribusi dan transmisi gas di Indoensia.

Adapun distribusi gas memberi kontribusi terbesar bagi pendapatan perusahaan mencapai 85% pada semester I/2014. Sedangkan kontributor kedua adalah penjualan minyak dan gas sekitar 9%.

Perseroan pada tahun lalu telah mengoperasikan jaringan distribusi gas sepanjang 3.950 kilometer (km) dan 2.047 km jaringan pipa transmisi di Sumatera dan Jawa.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1210 seconds (0.1#10.140)