Cegah Spekulan Beras, Mendag Gencar Operasi Pasar

Kamis, 06 November 2014 - 10:28 WIB
Cegah Spekulan Beras, Mendag Gencar Operasi Pasar
Cegah Spekulan Beras, Mendag Gencar Operasi Pasar
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menuturkan, pihaknya akan terus melakukan upaya operasi pasar guna mencegah tindak spekulan beras menaikkan harga terlalu tinggi.

Hal ini dilakukan lantaran akan ada rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bulan ini.

"Sekarang sudah siap operasi pasar. Kalau memang sudah membahayakan, kita akan siap lakukan lagi," ujarnya di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta, Kamis (6/11/2014).

Dia menuturkan, pada dasarnya fluktuasi harga yang ditakutkan tersebut sejauh ini belum terjadi. Terlebih stok beras dipastikan aman hingga enam bulan ke depan.

"Namun, kita yang namanya pedagang semua mencari. Ada kesempatan mereka selalu coba untuk naikkan. Kita coba bagaimana bisa mengatasi hal itu," tambahnya.

Gobel menyebutkan, operasi pasar tersebut akan dilakukan di seluruh Indonesia, dengan rata-rata 20 ton beras per hari. Pada dasarnya, kebutuhan beras untuk DKI Jakarta sebesar 2.500-3.000 ton per hari.

Operasi pasar tersebut akan terus dilakukan hingga harga beras dipastikan aman.

"Terus kita lihat, sampai kita akan memantau terus. Kita akan lakukan terus supaya kenaikan itu tidak dilakukan secara berlebihan oleh para spekulan," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6228 seconds (0.1#10.140)