Pemerintah Akan Koordinasi Bangun Kilang BBM

Jum'at, 14 November 2014 - 14:16 WIB
Pemerintah Akan Koordinasi Bangun Kilang BBM
Pemerintah Akan Koordinasi Bangun Kilang BBM
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan berkoordinasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait rencana pembangunan kilang bahan bakar minyak (BBM).

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, minggu depan akan bertemu dengan Menteri BUMN dan pihak PT Pertamina (persero) untuk mengerucutkan pembangunan kilang BBM ini.

"Minggu depan kita akan ketemu Menteri BUMN dan Pertamina untuk mengerucutkan rencana ini," kata dia, di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (14/11/2014)

Sudirman mengaku, beberapa hari lalu telah berdiskusi dengan Kementerian Keuangan. Hasil yang di dapat adalah Menteri Keuangan mendukung penuh rencana pembangunan kilang BBM.

"Saya diskusi dengan Menteri Keuangan dan seluruh eselon 1 membahas soal kilang. Membahas baik hilir maupun hulu, kita ingin membuka kembali konsep yang dulu pernah disusun," terangnya.

Dia mengatakan, terdapat dua pekerjaan dalam membangun kapasitas kilang, diantaranya melakukan modernisasi kilang BBM, peningkatan eksisiting kilang, dan meningkatkan pengolahan crude supaya banyak nilai tambah.

"Paralel dengan itu, maka proyek membangun kilang baru bisa direalisasikan," kata dia.

Terkait pendanaan, Sudirman menuturkan, sudah diserahkan kepada Kementerian Keuangan, sehingga sudah bisa dilakukan. Bahkan, Kementerian ESDM disuruh memilih lokasi mana yang tepat untuk membangun kilang BBM.

"Neracanya akan disusun oleh Direktorat Jenderal Kelayaan Negara Kementerian Keuangan. Dimana lokasi paling baik nanti kita disuruh milih," jelasnya.

Menurut dia, kecukupan energi merupakan hal utama. Sudirman yakin, investor masih tertarik dengan keseriusan pemerintah membangun kilang.

"Saat ini, kita yang harus jaga agar investor tertarik dengan niat baik kita," tutupnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5146 seconds (0.1#10.140)