Dirut Garuda Jadi Chairman Asosiasi Penerbangan se-Asia Pasifik

Kamis, 20 November 2014 - 18:03 WIB
Dirut Garuda Jadi Chairman Asosiasi Penerbangan se-Asia Pasifik
Dirut Garuda Jadi Chairman Asosiasi Penerbangan se-Asia Pasifik
A A A
JAKARTA - Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Emirsyah Satar ditunjuk sebagai Chairman Association of Asia Pacific Airlines (AAPA) untuk periode tahun 2015, menggantikan President & CEO All Nippon Airways Osamu Shinobe

AAPA merupakan asosiasi perusahaan penerbangan Asia Pasifik yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia.

AAPA didirikan pada tahun 1966 di Manila, Filipina, sebagai forum bagi perusahaan penerbangan di kawasan Asia Pasifik untuk saling melakukan pertukaran informasi, pandangan dan melaksanakan diskusi/pembahasan terhadap berbagai isu dan perkembangan industri penerbangan, baik dari sisi komersial maupun teknikal, khususnya di kawasan Asia Pasifik.

"Salah satu tujuan AAPA adalah untuk mengupayakan jalan keluar untuk mengurangi berbagai dampak yang kurang menguntungkan bagi maskapai anggota asosiasi, atas peraturan, regulasi atau kebijakan yang dikeluarkan atau ditetapkan pemerintah, negara, atau lembaga lainnya," kata Emir dalam rilisnya, Kamis (20/11/2014).

Daam pertemuan tersebut, AAPA menetapkan beberapa resolusi untuk menghadapi tantangan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan penerbangan di kawasan Asia Pasifik, di antaranya pertukaran Informasi mengenai Keselamatan Penerbangan, Air Traffic Management and Surveillance.

Selain itu juga dibahas mengenai Penanganan Wabah Penyakit Menular, Unfair Taxation, Isu Lingkungan dan Peningkatan Layanan untuk Pengguna Jasa.

Saat ini AAPA beranggotakan sebanyak 16 perusahaan penerbangan berjadwal, yaitu Air Astana, All Nippon Airways, Asiana Airlines, Bangkok Airways, Cathay Pacific Airways, China Airlines, Dragonair, EVA Airways, Garuda Indonesia, Japan Airlines, Korean Air, Malaysia Airlines, Philippine Airlines, Royal Brunei Airlines, Singapore Airlines, dan Thai Airways International.

Setiap tahunnya AAPA dipimpin secara bergantian oleh CEO maskapai penerbangan anggota AAPA. Chairmanship AAPA oleh Garuda Indonesia -yang bergabung sebagai anggota AAPA pada tahun 1967- untuk periode tahun 2015 merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, mantan Direktur Utama Garuda Indonesia Abdulgani ditunjuk sebagai Chairman AAPA untuk periode tahun 2001.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7473 seconds (0.1#10.140)