Tim Reformasi Migas Heran soal Penetapan Harga BBM

Rabu, 03 Desember 2014 - 17:11 WIB
Tim Reformasi Migas Heran soal Penetapan Harga BBM
Tim Reformasi Migas Heran soal Penetapan Harga BBM
A A A
JAKARTA - Tim Reformasi Tata Kelola Migas heran terhadap Pertamina terkait penetapan harga BBM bersubsidi lantaran dalama penghitunganya terlalu banyak variabel.

"Harga beli yang nanti jadi dasar penetapan harga BBM bersubsidi, itu banyak variabelnya. Menurut kami agak mengherankan. Pertamina setiap tahun mengundang ahli untuk menjustifikasi harga, kami cari benar apa enggak," ujar Anggota Tim Tata Kelola Migas Fahmi Radi di Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Akhirnya, ekspert menentukan berapa harga premium dan solar serta kerosin berdasarkan justifikasi expert.

"Kemudian yang mengherankan juga, bagi kami ini kan di bawa ke DPR setiap tahun dalam pembahasan RAPBN. Termasuk menentukan harga. Yang mengherankan harga yang diputuskan Banggar kenapa lebih tinggi dari harga ekspert. Ada selisih gitu. Ya enggak banyak tapi ada selisih," terang dia.

Menurut Fahmi, ini memunculkan pertanyaan mengapa terjadi selisih. Bahkan, pihaknya juga mempertanyakan bawha untuk apa selisih tersebut.

"Pertamina enggak bisa jawab itu juga karena itu diputuskan di banggar. Jadi kita tim bertugas membuat yang gelap menjadi terang, transparan sehingga publik tahu. Jadi ketika harga BBM naik publik tahu komponennya itu, ini lho," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4138 seconds (0.1#10.140)