Konsumsi Pemerintah Diprediksi Sumbang Pertumbuhan

Selasa, 16 Desember 2014 - 19:33 WIB
Konsumsi Pemerintah Diprediksi Sumbang Pertumbuhan
Konsumsi Pemerintah Diprediksi Sumbang Pertumbuhan
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Hendri Saparini mengatakan, konsumsi pemerintah pada tahun depan diperkirakan kembali akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional.

Bila perencanaan dan realisasi baik penerimaan maupun belanja efektif, maka akan ada potensi pertumbuhan sekitar 4-5% pada 2015.

Konsolidasi beberapa kementerian yang dirombak pemerintah, diperkirakan akan sedikit memberikan tekanan pada belanja pemerintah setidaknya hingga semester pertama.

"Namun, anggaran diperkirakan akan mengalami peningkatan pada APBN 2016 sejalan dengan upaya Presiden Jokowi untuk merealisasikan berbagai program unggulannya. Terutama pembangunan infrastruktur secara besar-besaran baik untuk merealisasikan janji kedaulatan pangan maupun untuk membangun poros maritim," kata Hendri di Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Research Associate CORE Indonesia, Ina Primiana Syinar menambahkan, pembiayaan ekspansi belanja ini akan bersumber dari pengurangan subsidi dengan kenaikan harga BBM. ‎

Prediksi pemerintah akan ada Rp110,2 triliun penghematan dari penarikan tersebut, yang sebagian besarnya akan dialokasikan untuk infrastruktur.

"Namun, pemerintah akan membutuhkan dana lebih besar untuk membiayai APBN yang sangat ekspansif ini," jelasnya.

Menurut Ina, bila dalam 10 tahun terakhir pembiayaan defisit APBN lebih memberikan porsi besar pada obligasi dan SUN, maka pada tahun depan anggaran negara yang eskpansif sangat mungkin akan kembali dibiayai dengan Utang Luar Negeri (ULN).
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9862 seconds (0.1#10.140)