Pelindo III Salurkan Hibah Rp12 M

Rabu, 24 Desember 2014 - 03:14 WIB
Pelindo III Salurkan Hibah Rp12 M
Pelindo III Salurkan Hibah Rp12 M
A A A
SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) menyalurkan dana hibah ke tujuh provinsi di Indonesia untuk kepentingan sosial sebesar Rp12 miliar.

Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto mengatakan, jumlah dana hibah tersebut lebih besar dari 2013 sebesar Rp9,4 miliar.

Peningkatakan jumlah dana hibah karena ada peningkatan kerja perusahaan, atau 2% dari laba bersih yang dihasilkan perusahaan.

"Jumlah nana hibah terus naik, setiap tahun terjadi perbedaan jumlah dana hibah yang kita salurkan. Itu semua tergantung dari kinerja perusahaan," katanya, Selasa (23/12/2014).

Dia mengatakan, setiap pengajuan bantuan hibah dari masyarakat tidak semuanya mendapat persetujuaan dari perusahaan.

Pelindo III selaku pemilik dana akan melakukan verifikasi terhadap setiap pengajuan yang diajukan dan akan melakukan peninjauan langsung ke lokasi.

Semua itu dilakukan untuk memastikan setiap pengajuan bantuan memang benar adanya sekaligus menentukan jumlah bantuan yang akan diberikan.

"Tidak semua pengajuan akan kami berikan bantuan, itu semua tergantung dari hasil verifikasi dan survey yang kami lakukan. Kami berusaha untuk se-objektif mungkin dalam memberikan bantuan kepada masyarakat, yang pasti kalau memang harus kita bantu kenapa tidak," terangnya.

Secara rinci, dana hibah bina lingkungan Pelindo III yang disalurkan di tujuh provinsi terdiri dari Jawa Timur sebesar Rp8,8 miliar, Jawa Tengah (Rp591 juta), Bali (Rp202 juta).

Selain itu, di Kalimantan Tengah sebesar Rp870 juta, Kalimantan Selatan (Rp108 juta), Nusa Tenggara Barat (Rp171 juta), Nusa Tenggara Timur (Rp162 juta) dan wilayah lainnya sebesra Rp1 miliar.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan mengatakan, perseroan tidak hanya memberikan bantuan dalam bentuk uang.

Namun, perusahaan juga memberikan bantuan dalam bentuk barang atau perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan masyarakat. Salah satunya kursi roda bagi para difabel.

"Kami hari ini juga menyalurkan bantuan berupa 15 unit kursi roda bagi mereka yang membutuhkan. Nanti bantuan-bantuan seperti ini akan kami tingkatkan," ujar dia.

Selama tujuh tahun terakhir (2008-2014) Pelindo III telah menyalurkan dana bina lingkungan dengan nilai sekitar Rp69,3 miliar.

Dana itu diperuntukkan bagi korban bencana alam, pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam, dan ketahanan pangan.

Pelindo akan lebih jeli dalam menetapkan penerima hibah, karena Pelindo sebagai BUMN tidak ingin ada salah sasaran dalam mencairkan dana hibah.

Sebab, pengeluaran yang dilakukan harus dipertanggungjawabkan ke pemerintah.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1149 seconds (0.1#10.140)