Jokowi Tegaskan Tak Akan Intervensi BI Rate

Rabu, 25 Februari 2015 - 15:45 WIB
Jokowi Tegaskan Tak Akan Intervensi BI Rate
Jokowi Tegaskan Tak Akan Intervensi BI Rate
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, tidak akan mengintervensi Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI Rate. Terlebih, penurunan BI Rate tidak lantas membuat suku bunga kredit perbankan juga menurun.

"Siapa yang intervensi? Yang intervensi siapa?," ucapnya di Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Menurutnya, BI merupakan lembaga independen yang mengurusi masalah moneter. Sementara pemerintah lebih fokus pada sisi fiskal. "Ya enggak dong, itu kan masih di lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apa intervensi kita? Enggak boleh intervensi," tegas Jokowi.

Dia menjelaskan, pertemuannya dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo tadi pagi di Istana Negara untuk mendiskusikan masalah keuangan global. Selain itu, tak lupa mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyinggung mengenai penghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Gubernur BI menanyakan masalah kebijakan-kebijakan fiskal kita seperti apa, ya itu akan berpengaruh juga pada kebijakan BI," tuturnya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, pertemuan antara dirinya dengan BI memang rutin dilakukan untuk memantau industri keuangan dalam negeri. Terlebih untuk menyikapi situasi keuangan global yang berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia.

"Dan juga masalah kurs, dan lain-lain. Nah gubernur BI tadi pagi menyampaikan kita masih dalam posisi yang masih sangat baik," pungkas Jokowi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6082 seconds (0.1#10.140)