Gas Arun Ngalir Ke Belawan, PLN Hemat Rp5 T

Senin, 16 Maret 2015 - 14:10 WIB
Gas Arun Ngalir Ke Belawan, PLN Hemat Rp5 T
Gas Arun Ngalir Ke Belawan, PLN Hemat Rp5 T
A A A
JAKARTA - PT PLN (persero) memproyeksikan menghemat Rp5 triliun akibat mengalirnya gas alam cair (liquid natural gas/LNG) Arun, Lhokseumawe, Aceh Utara ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Belawan di Medan, Sumatera Utara.

Penghematam diambil dari selisih konversi penggunaan BBM pembangkit High Speed Diesel (HSD) PLN ke LNG. "Harga LNG lebih kompetitif dibanding HSD, sehingga memberikan manfaat kepada PLN dalam bentuk penurunan biaya pokok produksi," ungkap Manajer Senior Komunikasi PLN Bambang Dwiyanto di Jakarta, Senin (16/3/2015).

Dia mengatakan, adanya LNG ini pasokan gas pembangkit PLN akan lebih terjamin. Pasalnya, PLN dapat membeli dari dalam maupun luar negeri dengan harga yang lebih murah ketimbang BBM.

Sebagai informasi total kebutuhan pasokan gas sementara di pembangkit listrik Belawan sebesar 96 british thermal unit per day (BBTUD) untuk mengoperasikan mesin Gas Turbin (GT) 1.1, GT 2.1, dan GT 2.2.

Sementara, untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik sewa di Belawan sebesar 2 BBTUD. Sehingga total kebutuhan PLN saat ini sebesar 98 BBTUD.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7479 seconds (0.1#10.140)