BUMN Diharap Tingkatkan Sinergi dengan Pengusaha Lokal

Selasa, 31 Maret 2015 - 14:38 WIB
BUMN Diharap Tingkatkan Sinergi dengan Pengusaha Lokal
BUMN Diharap Tingkatkan Sinergi dengan Pengusaha Lokal
A A A
JAKARTA - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) berharap agar badan usaha milik negara (BUMN) menjalin sinergisitas dengan pengusaha lokal dan daerah demi mendorong kemajuan pengusaha lokal.

Karena itu, Ketua Umum BPP Hipmi Bahlil Lahadalia mendukung rencana Komisi VI DPR RI untuk merevisi secara total Undang-undang (UU) BUMN Nomor 19 Tahun 2003 karena dinilai tak sesuai dengan perkembangan dan tantangan perekonomian bangsa saat ini.

“Revisi ini nantinya diharapkan menghasilkan BUMN-BUMN yang mampu mengayomi dan mendukung perkembangan dan kemajuan pengusaha-pengusaha lokal dan daerah. Jangan sampai dalam beberapa kasus, BUMN malah menutup peluang pengerjaan proyek oleh swasta lokal dan daerah" kata dia dalam rilisnya, Selasa (31/3/2015).

Bahlil berharap revisi UU tersebut benar-benar dapat memberi arahan agar BUMN mampu bersinergi dengan pengusaha-pengusaha lokal dan daerah. Dia menyarankan untuk mencontoh Jepang dan Korea yang melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah.

“Di kita, semua dikerjakan oleh satu perusahaan besar. Makanya muncul anak dan cucu BUMN. Ada peluang di sana yang semuanya diambil oleh BUMN itu sendiri. Kenapa tidak diserahkan saja kepada pengusaha lokal dengan cara sinergitas atau bermitra,” papar Bahlil.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5263 seconds (0.1#10.140)