Refleksi Peran Wirausaha Bangun Bangsa, HIPMI Dorong 10 Juni Jadi Hari Kewirausahaan Nasional

Kamis, 09 Juni 2022 - 13:23 WIB
loading...
Refleksi Peran Wirausaha Bangun Bangsa, HIPMI Dorong 10 Juni Jadi Hari Kewirausahaan Nasional
HIPMI mendorong tanggal 10 Juni dijadikan Hari Kewirausahaan Nasional sebagai refleksi peran wirausaha membangun bangsa. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Petisi hari lahir HIPMI tanggal 10 Juni dijadikan Hari Kewirausahaan Nasional ramai di media sosial, seperti akun Instagram @ibrahlaiman yang memperlihatkan 100 pendukung terhadap gagasan Hari Kewirausahaan Nasional tersebut.

Sebagaimana hari peringatan nasional lainnya seperti, Hari Guru, Hari Santri, Hari Konsumen Nasional dan masih banyak lagi, tentu masing-masing memiliki nilai untuk merefleksikan makna dan memberikan energi untuk kemajuan nusa dan bangsa.



Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Bagas Adhadirgha menyampaikan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 50. Dalam momen tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir untuk ikut merayakan organisasi para usahawan muda ini.

"Kami mengajak seluruh kader HIPMI di seluruh Indonesia untuk ikut bergabung di Jakarta dan merayakan ulang tahun organisasi ini. Kami mendorong 10 Juni jadi Hari Kewirausahaan Nasional sebagai refleksi peran wirausaha dalam membangun bangsa Indonesia," ujar Bagas, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Selain itu, BPP HIPMI di bawah kepemimpinan Mardani H. Maming mendorong Hari Kewirausahaan Nasional, yang dimana hal ini dapat dijadikan refleksi bersama besarnya kontribusi para wirausaha dalam pertumbuhan ekonomi bangsa.

"HIPMI sebagaimana organisasi usahawan yang banyak melahirkan tokoh-tokoh bangsa baik dalam bidang ekonomi maupun bidang lainnya, sehingga peran HIPMI cukup besar bagi bangsa dalam mewarnai setiap pertumbuhan ekonomi dan ikut serta dalam pengambilan kebijakan terkait ekonomi," ujar Bagas.

HIPMI lahir pada 10 Juni 1972, diharapkan 10 Juni dapat ditetapkan sebagai Hari Kewirausahaan Nasional dan menjadi barometer peningkatan jumlah wirausaha setiap tahunnya, sehingga dapat tercapai syarat untuk menjadi salah satu negara maju di dunia, yang harus memiliki jumlah pengusaha 13%-14% sedangkan Indonesia hanya 3%-4%.

"Tentunya ini gagasan penetapan Hari Kewirausahaan Nasional ini, sama dengan haru peringatan nasional lainnya, yang setiap hari tersebut memiliki nilai dan makna sebagai momen merefleksikan perjuangan atau untuk memberikan semangat bagi kemajuan bangsa kedepannya," tegas Bagas.

Momentum HUT HIPMI ke 50 merupakan kebangkitan HIPMI di era Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming. Banyaknya kebangkitan pengusaha muda dan pemimpin muda di era HIPMI ini adalah prestasi yang wajib diapresiasi oleh seluruh pihak. Baik itu pemerintah, swasta maupun pihak yang berkepentingan untuk menumbuh kembangkan UMKM, atau pebisnis naik kelas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2292 seconds (0.1#10.140)