Pelemahan Rupiah Ganggu Ekspor Trisula International

Senin, 20 April 2015 - 13:45 WIB
Pelemahan Rupiah Ganggu Ekspor Trisula International
Pelemahan Rupiah Ganggu Ekspor Trisula International
A A A
JAKARTA - PT Trisula International Tbk (TRIS) menyatakan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) berdampak pada penyerapan ekspor perusahaan.

Direktur Utama Trisula International Lisa Tjahjadi menjelaskan, transaksi melalui pasar ekspor yang menggunakan USD berdampak pada daya beli yang menurun.

"Transaksi USD pengaruhi pasar ekspor, untuk atasi hal ini kita banyak negosisasi dengan customer. Banyak lakukan hal untuk mengatasai dampak perubahan currency," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (20/4/2015).

Menurutnya, meski Asia masih menjadi pasar terbesar, tapi daya beli masyarakat sedang menurun karena gejolak menguatnya USD.

"Asia pasar terbesar di dunia, tapi kemampuan daya beli menurun karena nilai tukar mata uang lokal. Dari sisi pasar, Amerika Serikat (AS) menarik sebagai penopang kita, meskipun bukan pasar terbaik. Sayangnya ekspor tekstil ke AS menurun dari persaingan negara lain, "jelas Lisa.

Dia menyampaikan target penjualan ekspor keseluruhan pada tahun ini meningkat 17%. Dengan perinciannya untuk market Inggris dan Eropa sebesar 20%, Australia ditambah New Zealand 25%, Asia 25%, dan sisanya AS.

"Kalau dilihat 79% market masih dari internasional dengan market income dari USD, sisanya rupiah, kita ada natural hedge," pungkasnya.

(Baca: TRIS Tebar Dividen Rp9,5 per Saham)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5875 seconds (0.1#10.140)