Indeks Harga Produsen Korsel Terendah dalam 4 Tahun

Senin, 20 April 2015 - 14:41 WIB
Indeks Harga Produsen Korsel Terendah dalam 4 Tahun
Indeks Harga Produsen Korsel Terendah dalam 4 Tahun
A A A
SEOUL - Data bank sentral Korea Selatan (Korsel) menunjukkan, harga barang dan jasa yang disediakan produsen anjlok ke level terendah dalam lebih dari empat tahun terakhir pada Maret, mengindikasikan inflasi harga konsumen menurun.

Bank of Korea (BOK) seperti dilansir dari Xinhua menyebut, indeks harga produsen (PPI) Korsel pada Maret turun 0,1% dari bulan sebelumnya menjadi 101,80, menandai level terendah sejak November 2010.

Harga produsen, yang mencerminkan inflasi harga konsumen satu atau dua bulan ke depan berada dalam tren penurunan sejak Agustus tahun lalu, kecuali untuk Februari ketika harga menunjukkan rebound sesaat karena dampak dari liburan Tahun Baru Imlek.

Inflasi harga konsumen negara itu berada pada tingkat terendah dalam 16 tahun terakhir pada Maret ketika harga konsumen naik 0,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Inflasi yang rendah mendorong kekhawatiran bahwa ekonomi mungkin jatuh ke tahap awal deflasi.

Sementara rebound-nya harga minyak dunia, pertambangan dan produk minyak yang melonjak 4,1% pada Maret, namun dibarengi jatuhnya harga gas kota menyebabkan menurunnya harga produsen.

Harga gas kota turun sebesar 5,9% pada Januari dan 10,1% pada Maret. Sementara harga bensin melonjak 10,1%, dengan harga jasa naik 0,1%. Sedangkan, harga listrik, air dan gas menurun 4%, serta produk pertanian susut 2,3% pada Maret.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5449 seconds (0.1#10.140)