Pembubaran Petral Upaya Perbaikan Reputasi Pertamina

Rabu, 13 Mei 2015 - 13:31 WIB
Pembubaran Petral Upaya Perbaikan Reputasi Pertamina
Pembubaran Petral Upaya Perbaikan Reputasi Pertamina
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkapkan, keputusan untuk membubarkan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bermarkas di Singapura, Pertamina Energy Trading Limited (Petral) sebagai upaya memperbaiki reputasi Pertamina.

Dia menuturkan, setidaknya terdapat dua kunci utama yang menjadi dasar kajian proses likuidasi Petral. Pertama, pembubaran ini terkait efisiensi rantai pasok terhadap supply chain yang ada di perseroan.

"Dalam hal ini sejak manajemen baru terbentuk‎, Ibu Menteri (Rini Soemarno-Menteri BUMN) mendorong agar peran Integrated Supply Chain (ISC) ditingkatkan," ucapnya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Menurutnya, dengan dilimpahkannya kewenangan Petral kepada ISC dan perbaikan penataan sistem procurement yang lebih transparan di antara keduanya, perseroan meraup ‎banyak penghematan. Atas dasar itu, jelas terlihat bahwa selama ini telah terjadi banyak penyimpangan di tubuh anak usaha Pertamina tersebut.

"‎Dengan Petral dan ISC menata procurement lebih transparan, jelas penghematan terasa. Itu jelas berarti dulu ada penyimpangan," imbuh dia.

Kedua, proses likuidasi Petral juga upaya untuk memperbaiki reputasi perseroan. Sebab, keberadaan Petral sejak dulu lekat dengan persepsi negatif yang menyebabkan reputasi perseroan di mata masyarakat ‎tercoreng. (Baca: Pertamina Resmi Bubarkan Petral).

"‎Ada banyak praktik yang ditengarai tidak transparan, dan sering diungkapkan tim RTKM (reformasi tata kelola migas). Karena itu Petral dialihfungsikan bukan menjadi single buyer," tandas Sudirman.amina Resmi Bubarkan Petral

source: http://ekbis.sindonews.com/read/1000775/34/pertamina-resmi-bubarkan-petral-1431497544)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4332 seconds (0.1#10.140)