Permainan Cahaya Taman

Rabu, 20 Mei 2015 - 08:56 WIB
Permainan Cahaya Taman
Permainan Cahaya Taman
A A A
Penerangan di dalam ruangan sering kali lebih diperhatikan dibandingkan area luar hunian.

Untuk area luar, eksekusi pencahayaan biasanya dilakukan secara konvensional dengan memprioritaskan fungsi utamanya saja. Padahal, tata pencahayaan yang tepat bisa membuat taman tampak lebih indah, terutama pada malam hari.

Bulb adalah salah satu lampu taman yang mampu menciptakan suasana taman yang semakin memesona. Di level yang lebih tinggi, pencahayaan berkembang menjadi seni yang dapat meningkatkan kualitas ruang, sekaligus menghadirkan ambience yang indah. “Secara teknik pemasangan, pencahayaan outdoor terbagi menjadi dua, yaitu fixed dan adjustable.

Sistem pencahayaan fixed memiliki instalasi listrik dan komponenkomponen yang tertanam atau terpasang secara permanen. Sementara, pencahayaan adjustable memiliki pengaturan yang lebih fleksibel,” kata arsitek Ren Katili. Hadirnya jenis lampu LED mampu menghemat daya hingga 80%, dengan lama hidup enam sampai delapan tahun.

LED juga menyediakan pilihan warna cahaya yang beragam. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih menghemat biaya untuk menerangi taman. Umumnya kita mengenal fungsi pencahayaan sebagai elemen pendukung keamanan hunian.

Namun, pencahayaan di area outdoor memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting. Jika diletakkan di sepanjang pathway, akan memengaruhi alur sirkulasi. Jika diletakkan di papan alamat atau nomor rumah, akan menjadi penunjuk informasi. Penempatan cahaya juga berpengaruh dalam memunculkan keindahan di area outdoor.

Seperti di atas pohon besar, di celah pagar, di balik objek menarik di bawah dek, di dalam kolam, dan sebagainya. Pencahayaan yang sekaligus difungsikan sebagai benda hias dapat menjadi aksen menarik. Jika terdapat objekobjek menarik di area outdoor, tampilkan dengan lampu sorot untuk kualitas ruang yang lebih baik. Dengan sorotan cahaya, artwork kesayangan Anda juga bisa eksis pada malam hari.

Bagi yang gemar berenang pada malam hari, pencahayaan di dalam kolam renang dapat membuat aktivitas berenang menjadi lebih bersemangat. “Berdasarkan peletakannya, pencahayaan outdoor terbagi menjadi dua, yakni area kering dan basah. Area kering mencakup berbagai elemen atau tempat di outdoor yang tidak memiliki unsur air seperti dinding, fasad, kolom, lantai, pathway, decking, anak tangga, benda seni, hingga dinding pagar,” sebut Ren.

Sementara, area basah memiliki unsur air dan mengharuskan adanya sistem pencahayaan yang tahan terhadap air. Misalnya kolam renang, kolam ikan, water wall, reflecting pool, fountain, dan sebagainya. Pencahayaan di area basah ini mampu menghadirkan suasana yang lebih dramatis.

Seni pencahayaan di area outdoor bisa diciptakan dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Seperti aspek jenis cahaya, penempatan, jarak, desain, objek di sekitar, warna, dan sebagainya. Jenis cahaya memengaruhi kesan yang ditimbulkan. Misalkan cahaya kekuningan, dapat menghadirkan kesan romantis dan hangat.

Sementara, cahaya kebiruan dapat memunculkan efek moon light atau cahaya bulan jika ditempatkan di ketinggian tertentu.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4381 seconds (0.1#10.140)