Ekspor Perhiasan dan Permata Meningkat 24,15%

Jum'at, 29 Mei 2015 - 09:57 WIB
Ekspor Perhiasan dan Permata Meningkat 24,15%
Ekspor Perhiasan dan Permata Meningkat 24,15%
A A A
JAKARTA - Kondisi ekonomi di pasar global yang mengalami penurunan tidak berpengaruh besar terhadap permintaan ekspor perhiasan nasional. Pada Maret tahun ini nilai ekspor perhiasan dan permata mencapai USD538,4 juta atau meningkat 24,15% dibandingkan Februari 2015.

”Kegiatan usaha perhiasan di Indonesia semakin berkembang dengan jumlah perusahaan yang bergerak pada industri perhiasan mencapai 36.636 unit dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 332.802 orang dengan nilai produksi Rp11,15 triliun. Potensi yang begitu besar ini dapat membantu industri batu mulia Indonesia terus meningkat,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin pada acara peresmian pendirian Asosiasi Batu Mulia Indonesia (ABAMI) di Jakarta belum lama ini.

Ekspor perhiasan dan permata sebagai komoditas, menurut Saleh, terus memberikan nilai positif pada ekspor nonmigas setiap bulannya. Maret 2015 nilai ekspor perhiasan dan permata mencapai USD538,4 juta, naik 24,15% dibandingkan Februari 2015. Dalam perkembangannya, industri batu mulia dan permata di Indonesia masih dihadapkan beberapa tantangan dan permasalahan.

”Seperti, belum diakui oleh dunia internasional karena tidak adanya lembaga sertifikasi perhiasan di Indonesia yang diakui oleh dunia internasional,” paparnya. Ketua Umum ABAMI Indra Fahrizal mengatakan, saat ini laboratorium gemologi di Indonesia belum banyak terafiliasi oleh tenaga ahli. Hal tersebut membuat batu mulia asal Indonesia belum dipandang dunia internasional.

”Orang masih berpikir Sri Lanka, Thailand, India, Birma, Brasil dan Eropa,” kata Indra. Indra meminta pemerintah memberikan dukungan terhadap ahli gemologi tersebut dengan memberikan pelatihan agar mendapatkan sertifikasi ahli gemologi. Terlebih, sertifikasi tersebut merupakan salah satu aturan yang ditetapkan di internasional.

Oktiani endarwati
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5368 seconds (0.1#10.140)