Tren Pelemahan Rupiah Potensi Berlanjut

Jum'at, 05 Juni 2015 - 08:44 WIB
Tren Pelemahan Rupiah Potensi Berlanjut
Tren Pelemahan Rupiah Potensi Berlanjut
A A A
JAKARTA - Tren pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini diperkirakan akan berlanjut.

"Terdapat kemungkinan tren pelemahan dapat berlanjut. Untuk itu, tetap mewaspadai adanya potensi pelemahan lanjutan jika ada," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Reza memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp13.238-Rp13.252/USD.

Sementara posisi rupiah kemarin berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada level Rp13.243/USD. Posisi ini terdepresiasi 53 poin dibanding posisi penutupan hari sebelumnya di level Rp13.190/USD.

Kemarin, harapan terhadap laju rupiah untuk dapat bergerak melanjutkan laju positifnya kian hilang dengan berbalik melemahnya rupiah.

Penguatan Won setelah merespon kenaikan GDP Korea Selatan tidak mampu memberikan sentimen positif karena diimbangi dengan berbalik melemahnya dolar Asutralia setelah rilis meningkatnya defisit neraca perdagangannya.

Tidak ketinggalan, kenaikan tipis ADP employment change dan berkurangnya deficit balance of trade berimbas pada masih menguatnya laju USD. Akibatnya, tentu membuat laju rupiah tertahan penguatannya dan cenderung melemah.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6850 seconds (0.1#10.140)