10 Jurus Lulusan Baru Sukses ke Dunia Kerja

Rabu, 17 Juni 2015 - 07:15 WIB
10 Jurus Lulusan Baru Sukses ke Dunia Kerja
10 Jurus Lulusan Baru Sukses ke Dunia Kerja
A A A
BAGI ribuan lulusan baru di seluruh penjuru dunia, kelulusan memegang definisi dua sisi, yakni ujung dan awal dari sesuatu. Bagi kebanyakan mereka, ini adalah transisi yang ditunggu untuk melangkah maju dari masa belajar menjadi berkarier.

Seperti dikutip dari Entrepreneur, Selasa (16/6/2015), berikut terdapat 10 tips agar sukses membantu bagi para lulusan baru dari perguruan tinggi tersebut, transisi dari kelas ke kantor atau dunia kerja, yakni:

1. Berpikir terbuka

Sebisa mungkin coba dan bekerja dengan banyak jenis orang dan situasi yang berbeda. Menjadi sukarelawan untuk proyek-proyek yang menarik, memperkenalkan diri kepada orang baru setiap hari, dan merangkul sifat tidak nyaman tidak mengetahui segalanya.

2. Mengukur kesamaan

Pastikan Anda dan manajer berbagi sudut pandang yang sama dalam membangun kesuksesan. Anda harus menyelaraskan prioritas harian dengan tujuan bisnis yang lebih luas.

Lakukan pengecekan mingguan untuk memastikan apa yang Anda lakukan adalah bahan keberhasilan bisnis secara keseluruhan.

3. Kolaboratif

Di perguruan tinggi, Anda fokus kepada diri sendiri. Sekarang ini adalah tentang bisnis pepatah lama "tidak ada 'aku' dalam tim" adalah 100% benar.

Jika tidak dapat berkolaborasi, Anda akan memiliki waktu yang sulit menjadi sukses dan tidak akan mendapatkan banyak memenuhi target hari-hari Anda. Jangan menjadi serigala penyendiri.

4. Bersabar

Beberapa hal akan berlangsung tidak benar. Gunakan saat-saat tersebut sebagai peluang untuk mempercepat pengembangan diri dan pertumbuhan Anda.

Anda tidak bisa lari ketika sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan. Tetap dapat terlibat dan menjadi perwujudan dari perubahan yang ingin dilihat.

5. Fleksibel


Jika Anda tidak menyukai pekerjaan pertama Anda, tetap lakukan dengan baik. Selanjutnya, bisa menemukan cara untuk memberdayakan orang lain melakukan pekerjaannya dengan baik.

Selanjutnya buktikan bahwa Anda dapat berguna dan akal akan membuat pemimpin Anda, rekan kerja dan bahkan perusahaan lain yang ingin Anda pada tim
mereka.

Pekerjaan awal (entry level) adalah kesempatan. Jika Anda bisa baik dengan sebuah bisnis, bisnis akan baik untuk Anda. Jika dapat bertahan melakukan pekerjaan yang Anda tidak suka dengan baik, bayangkan apa yang dapat dilakukan ketika menemukan ketertarikan (passion) Anda.

6. Tangguh

Di perguruan tinggi, ketika Anda gagal itu pertanda bahwa Anda tidak belajar dan tidak lulus. Hal ini sangat hitam dan putih.

Dalam karier, Anda akan gagal dan ketika melakukannya ini adalah pelajaran yang sangat berharga yang dapat dilakukan dengan sisa hidup ketika bekerja.

Menangani kesalahanmu dengan sebaiknya dan mengubahnya menjadi tindakan daripada tidak bertindak. Jangan menggantungkan, bangkit kembali dan mengambil apa yang telah dipelajari dan bergerak maju.

7. Proaktif

Terlibat dalam bisnis dan menemukan caramu untuk menjadi proaktif. Memanfaatkan kekuatan Anda untuk mendorong, mengidentifikasi kelemahan Anda jika terlinang dalam proyek tertentu akan membantu memperbaiki skillset.

8. Rendah hati

Setiap pengusaha besar, artis atau atlet akan memberitahu bahwa mereka tidak mendapatkan kesuksesan karier mereka sendiri.

Anda akan membutuhkan banyak mentor sepanjang karier, berpikiranlah secara terbuka. Anda akan menemukan orang menarik yang bisa dipelajari dari semua tempat.

9. Penasaran

Tahap belajar tidak pernah berakhir. Tetap di atas apa yang terjadi di sekitarmu. Ikuti tren yang akan membantu bisnis Anda, lalu bisa membaca buku-buku yang diminati. Jika mempertahankan gairah untuk belajar, Anda tidak pernah merasa tidak relevan.

10. Murah hati

Ketika Anda menemukan kesuksesan, pastikan sorot "bagaimana" atas "apa". Ini bukan hanya tentang mencetak gol dan menempatkan poin di papan tulis.

Bagaimana bisa sampai di sana, kemungkinan hasil kerja yang dilakukan bersama dengan orang lain yang membantu Anda. Mengajak orang lain bersama untuk sukses dan tidak pernah mengabaikan kontribusi lain yang telah mereka buat.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9136 seconds (0.1#10.140)