Rini Ungkap Penyebab Bongkar Muat Pelabuhan Lamban

Minggu, 21 Juni 2015 - 00:05 WIB
Rini Ungkap Penyebab Bongkar Muat Pelabuhan Lamban
Rini Ungkap Penyebab Bongkar Muat Pelabuhan Lamban
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan penyebab waktu bongkar muat barang (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok lamban. Salah satu yang menghambat arus barang adalah buruknya koordinasi antar-instansi dan kerumitan pengurusan dokumen di pelabuhan.

Dia menerangkan, PT Pelindo II selaku pengelola pelabuhan hanya bertanggung jawab dalam proses bongkar muat barang di pelabuhan. Hal tersebut telah dilakukan mereka dengan baik dan sesuai standar internasional. (Baca: Pengusaha Dukung Presiden Bongkar Ketidakefisienan Pelindo II)

"Kalau dilihat dari proses bongkar muat barang, untuk kemudian ditumpuk kontener, Pelindo II sudah cukup baik. Sudah setara dengan internasional, sudah setara dengan Hong Kong. Dan, Hong Kong itu pelabuhan ketiga terbesar dan terbaik di dunia," ujarnya di Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (20/6/2015).

Setelah bongkar muat, lanjut Rini, ada proses pre custom yang melibatkan beberapa instansi dan ini butuh waktu panjang. Misal, untuk impor harus ada pengurusan dokumen di Kementerian Perdagangan; untuk produk makanan harus ada dokumen dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM); serta untuk produk tumbuhan harus ada dokumen dari Kementerian Pertanian.

"‎Jadi, proses ini yang kemudian harus diselesaikan. Nah, setelah itu kemudian masuk lagi ke Bea Cukai baru nanti (barang) keluar," bebernya.

Baca juga
:

Pulang dari Prancis Rini Dapat Oleh-oleh Masalah

JK: Waktu Tunggu di Pelabuhan Lama, Wajar Jokowi Marah

Menko Maritim Sepakat Jokowi Pecat Bawahannya


(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3928 seconds (0.1#10.140)