Pipa Open Acess Sumut Ditarget Tuntas September

Rabu, 24 Juni 2015 - 14:51 WIB
Pipa Open Acess Sumut Ditarget Tuntas September
Pipa Open Acess Sumut Ditarget Tuntas September
A A A
MEDAN - PT Pertamina Gas (Pertagas) berkomitmen mempercepat pembangunan pipa gas open access untuk ruas Belawan – Kawasan Industri Medan (KIM) – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau BEL-KIM-KEK di Sumatera Utara (Sumut).

Direktur Pertagas Hendra Jaya mengatakan, pasca groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) awal tahun ini, Pertagas bergegas melakukan penanaman pipa gas sebagai komitmen kuat mendukung pemerintah dalam penyediaan inftrastruktur energi di Sumut. Adapun pertengahan Juni, lanjutnya, pembangunan proyek pipa gas tinggal 27%.

"Progresnya hingga saat ini telah mencapai 72%. Kita optimistis percepatan pembangunan pipa transmisi open access berjalan lancar, targetnya selesai akhir September 2015," ujar dia saat ditemui di sela kunjungan ke proyek Bel-KIM-KEK di Medan, Rabu (24/6/2015).

Menurut dia, pembangunan ruas pipa gas ini merupakan langkah lanjutan menyusul mulai beroperasinya terminal penerimaan dan regasifikasi gas alam cair (LNG) Arun dan Pipa Arun–Belawan.

Selain itu, imbuhnya, pembangunan jalur pipa gas ini juga sekaligus memberikan keterjaminan pasokan gas bagi sektor industri di sekitar Sumut.

"Dengan tersedianya terminal regasifikasi maka sumber suplai gas menjadi banyak, tidak hanya bergantung pada pasokan gas yang ada di sekitar lokasi pipa gas saja," ujar dia.

Sebagai informasi, pendistribusian gas ke KIM dan KEK, Pertagas menugaskan anak perusahaannya, PT Pertagas Niaga. Adapun di wilayah KEK, selain industri, gas tersebut juga disiapkan memenuhi potensi konsumen lainnya, seperti pembangkit listrik atau independent power producer (IPP).
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8348 seconds (0.1#10.140)