Furnitur Lama Berubah Jadi Baru

Rabu, 08 Juli 2015 - 07:00 WIB
Furnitur Lama Berubah Jadi Baru
Furnitur Lama Berubah Jadi Baru
A A A
Bukan hanya wajah yang harus di-make up saat merayakan Lebaran. Furnitur juga harus dipoles agar tampak berbeda daripada sebelumnya. Bagaimana caranya?

Beres-beres rumah. Ya, kegiatan inilah yang kerap dilakukan kala menyambut hari raya Idul Fitri. Siapa yang ingin rumahnya kotor dan tidak rapi ketika Lebaran tiba?

Ajang beres-beres ini pun seolah menjadi ritual wajib yang kerap dilakukan orang. Beres-beres rumah tidak hanya mencakup kegiatan menyapu dan mengepel. Anda juga bisa melakukan perbaikan-perbaikan kecil pada furnitur lama yang sudah terlihat usang. Nah, agar ruang-ruang tampil baru dan cantik, furnitur tersebut sudah saatnya dipoles ulang supaya terlihat lebih segar dan baru.

Luthfi Hasan, pemilik Interior Design Jakarta Vintage, mengatakan, memoles furnitur lama agar tampak baru sama halnya dengan memberi nyawa dan wajah baru pada furnitur tersebut. Jadi, tidak perlu membeli furnitur baru untuk mempercantik tampilan ruang. Nah, untuk dapat memperbaiki furnitur lama, Anda bisa memanfaatkan tukang furnitur, jasa reparasi sofa, jasa interior, atau bahkan mengerjakannya sendiri. Bagi Anda yang ingin melakukannya sendiri, berikut langkah-langkah pengerjaannya.

Pertama, Anda harus tentukan tujuannya, apakah me-make overfurnitur ini sekadar ajang perbaikan sebelum Lebaran atau memang ingin mengganti untuk waktu yang lama? Hal ini sangat penting, karena bila Anda tipe orang yang cepat bosan, sebaiknya pilih bahan kain yang murah, tetapi tahan lama atau hanya meng-coversofa atau furnitur dengan bahan soft furnishing.Dengan begitu, ketika Anda ingin menggantinya kembali, Anda tidak merasa sia-sia menguras uang banyak.

Namun, bila pilihan Anda untuk jangka waktu lama, maka pilihlah bahan-bahan yang tahan lama dan berkualitas tinggi. Langkah selanjutnya, Anda bisa memberi sentuhan warna baru. Jika bosan dengan warna furnitur yang ada sekarang, Anda dapat menggantinya dengan warna lain yang lebih cerah. Misalnya, dulu furnitur kayu Anda bercat melamik dan tampak ketinggalan zaman. Lalu Anda ingin menggantinya agar menjadi furnitur yang bernuansa modern. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti finishing-nya.

“Kalau ingin finishing ulang menggunakan warna merah, hijau, atau warna lain kecuali putih, kita bisa langsung mengaplikasikan cat duco tanpa harus mengupas cat melamik awal. Kita bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan cat duco,” sebut Luthfi. Selain mengubah tampilan furnitur dengan cara mengganti catnya, cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menambahkan elemen soft furnishingdi dalamnya. Soft furnishingadalah bahan pelapis elemen interior seperti sofa, pelapis kursi, pelapis sofa, dan bantal kursi.

“Mempercantik tampilan furnitur bisa dengan menggunakan sarung bantal, slip cover, runner,dan throw, serta beberapa aksen cantik yang dapat memberikan nuansa segar pada furnitur lama,” sebut Luthfi.

Kelebihan lain dalam menggunakan bahan soft furnishingadalah, elemen ini mudah diganti-ganti sehingga bila bosan dengan corak sebelumnya, Anda cukup menggantinya dengan warna dan corak lain. Jadi, sudah siapkah Anda mengganti wajah furnitur lama dengan yang baru? Selamat berkreasi!

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7407 seconds (0.1#10.140)