Memilih Cat Rumah Menyambut Lebaran

Rabu, 08 Juli 2015 - 07:04 WIB
Memilih Cat Rumah Menyambut Lebaran
Memilih Cat Rumah Menyambut Lebaran
A A A
BULAN Ramadan telah berjalan, dan akan berakhir dengan Hari Raya yang paling dinanti- nanti. Segala persiapan menyambut lebaranpun mulai di jalankan, dari mulai menyiapkan busana, hidangan, hingga cat rumah baru untuk mengganti cat rumah lama yang sudah mulai pudar warnanya.

Mengganti cat rumah menjelang lebaran sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang dalam mempersiapkan datangnya Hari Lebaran. Hal itu dirasa perlu karena cat rumah baik bagian depan maupun dalam merupakan tampilan awal bagi tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah saat datangnya Hari Raya. Namun dalam menentukan cat rumah yang cocok untuk menyambut Lebaran diperlukan pemahaman yang baik untuk memadu padankan warna cat rumah dengan tema yang sesuai.

Desainer Interior, Ary Juwono menyarankan untuk menggunakan cat dengan pilihan yang berwarna terang. Warna putih adalah pilihan tepat, namun warna-warna terang lain seperti biru muda, hijau mudam serta warna pastel bisa menjadi pilihan juga dengan hasil ruangan yang tetap menawarkan kesederhanaan warna dan tidak terlalu mencolok mata. Hal senada disampaikan Desainer Interior, Denny Setiawan.

Dia mengatakan, untuk memperindah hunian tak perlu dengan tampilan interior baru. Tetapi hanya membutuhkan kekreatifan untuk memadupadankan mebel dan aksessori elemen interior lama yang sudah ada. Berkreasi dengan elemen lama lebih mengasyikkan dan dapat menekan pengeluaran di Hara Raya nanti. Anda tak hanya terpaku kepada dekorasi mebel, berkreasi dengan warna juga bisa membuat suasana rumah menjadi semakin cantik dan bersih.

Selain itu, tampilan warna dapat membantu memberikan ciri khas tersendiri bagi sang pemilik rumah.“Ciri khas dari pemilik rumah terkadang sering kali muncul saat mulai mendesain ulang tatanan ruang. Penataan ruang tak harus sempurna, sebaiknya tatanan ruang harus dipadukan dengan selera sang pemilik rumah,” tambah Denny.

Beberapa tips dalam memilih cat rumah diantaranya, pertama pelajarai tata pewarnaan, dan cara mengkombinasikan warna cat yang sesuai kebutuhan. Kedua perbanyak mengunjungi dan membaca referensi variasi ide desain mewarnai rumah dri berbagai majalah, galeri atau konsultan. Ketiga kenali fungsi utama sebuah ruang. Pemilihan warna cat sebaiknya dapat memperkuat karakter rang.

Seperti warna putih yang menunjang higienitas dapur. Keempat pilihlah warna netral untuk ruang multifungsi, seperti ruang tamu. Seperti, putih, cokelat krem atau hitam. Kelima apabila warna netral terlalu monoton, cara lain adalah menerapkan konsep warna monokromatik.

Memilih satu warna utama sebagai panduan menata ruang, mulai dari warna dinding hingga perabot, dan terakhir untuk memudahkan dalam memilih warna cat rumah, coba buat simulasi kecil menggunakan coretan di kertas dengan menggambar rumah dan diwarnai.

Muhammad marwan
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8489 seconds (0.1#10.140)