Ahok Wajibkan Rusun Baru Pakai Jargas

Selasa, 14 Juli 2015 - 14:23 WIB
Ahok Wajibkan Rusun Baru Pakai Jargas
Ahok Wajibkan Rusun Baru Pakai Jargas
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Poernama alias Ahok akan mewajibkan seluruh rumah susun (rusun) baik rusun sederhana sewa (rusunawa) ataupun rusun sederhana hak milik (rusunami) menggunakan jaringan pipa gas (jargas) rumah tangga.

Hal ini dilakukan menyusul kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam rangka program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

"K‎alau yang jaringan pipa, semua rusun baru yang kita bangun akan menggunakan pipa gas. Kalau yang sudah lama ada, kita musti survei lagi," tuturnya di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Dia mengungkapkan, nantinya semua rusun baru di Jakarta akan distandarkan menggunakan gas. ‎Pemakaian pipa gas rumah tangga ini juga akan lebih hemat penggunaannya hingga 50%.

"Karena warga DKI nanti akan hemat 40-50% pakai gas, mungkin kita juga bisa hemat devisa karena nggak pakai tabung gas. Gas kan made in Indonesia, tabung gas sebagian besar made in China. Pembayarannya pakai USD, jadi lebih hemat," jelas dia.

Senada dengan Ahok, Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menuturkan, kerja sama perseroan dengan Pemprov DKI dalam rangka meningkatkan penggunaan jaringan gas rumah tangga.

"Kita bersama DKI akan bangun jargas. Pak Gubernur bilang untuk semua rusun sumber gas adalah dari Pertamina," pungkasnya.

(Baca: Pertamina-Pemprov DKI Kerja Sama Infrastruktur Energi)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5957 seconds (0.1#10.140)