Kunci Tatanan di Apartemen

Rabu, 15 Juli 2015 - 08:02 WIB
Kunci Tatanan di Apartemen
Kunci Tatanan di Apartemen
A A A
Untuk dapat memanfaatkan dan menata apartemen, terlebih yang punya luas terbatas, secara lebih efisien diperlukan kreativitas melalui pemikiran mendalam agar suasana di dalam apartemen Anda tidak terasa membosankan dan Anda pun betah berlama-lama untuk beristirahat di dalamnya.

Demi menciptakan ruang yang lebih lapang, lakukan perombakan unit apartemen yang dimungkinkan. Misalnya, memanfaatkan balkon untuk perluasan ruang duduk, menyatukan dua ruang, dan lain-lain. “Maksimalkan ruang yang ada dengan pengadaan fungsi. Ruang tidur sekaligus bisa dijadikan ruang kerja atau belajar, ruang duduk sekaligus ruang tamu. Atau manfaatkan entry way ataupun foyer sebagai ruang simpan perlengkapan seperti jaket dan sepatu,” tutur desainer interior Leka Madiadipoera.

Meminimalkan jumlah furnitur sangatlah penting untuk memaksimalkan fungsi ruang apartemen Anda. Dengan sedikit perabot, ruang akan terkesan lebih lapang. “Terbatasnya furnitur tidak identik dengan kurangnya sarana untuk tidur, duduk, atau bersantai. Beli atau rancanglah perabot yang multifungsi,” ungkap Leka. Model furnitur lipat merupakan pilihan cerdas untuk apartemen Anda. Pilihlah sofa, tempat tidur, meja kerja, atau meja pantry yang memang bisa dilipat saat tidak Anda gunakan.

Sesekali lakukan pengaturan ulang terhadap tata letak furnitur. Pertimbangkan untuk menyingkirkan furnitur yang kurang efisien atau justru membuat ruang terkesan sumpek, atau bila Anda menginginkan furnitur model baru, pastikan Anda siap untuk mengeluarkan atau membuang furnitur yang lama. Pikirkan untuk mengubah setiap ceruk atau ruang kosong sekecil apapun menjadi ruang penyimpanan. Maksimalkan aplikasi ruang simpan vertikal pada dinding lemari, kabinet, ambalan, dan lain-lain.

Pertimbangkan pula untuk merancang lemari pakaian dan kabinet yang tingginya mencapai plafon. “Terkait ruang simpan, cara cerdas lain untuk menciptakan ruangan yang bersih dan rapi hingga terkesan lapang adalah dengan menyembunyikan barang-barang. Jika membeli furnitur, pilihlah yang desainnya memiliki ruang simpan,” tutur Leka.

Memperluas ruang dalam arti sebenarnya mungkin tidak bisa lagi Anda lakukan. Namun, kesan lapang bisa diciptakan secara efisien melalui ilusi warna atau tekstur material. Pilih warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu untuk pelapis lantai, dinding, maupun plafon. Warna terang membuat ruang terkesan bersih dan lebih lapang. Kesan lapang juga dapat diciptakan dengan memaksimalkan dinding transparan yang membebaskan masuknya cahaya alami pada siang hari. Ciptakan pula ilusi lewat aplikasi unsurunsur dekoratif.

Ruang bernuansa netral yang terkesan lapang akan tampil estetis dan lebih menarik jika ditambahkan aksen. Selain menjadi eye catching , aksen warna, pola, atau tekstur yang mencolok bakal menciptakan kedalaman ruang.

“Cobalah untuk mengaplikasikan aksen lewat rugs, gorden, wallpaper , dan lainlain. Selain itu, tambahkan aksen dekoratif berupa cermin berbingkai. Atau, pajangan juga bisa membuat kesan apartemen menjadi lebih hidup,” pungkas Leka.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7485 seconds (0.1#10.140)