Megaproyek Properti Kawasan Satelit

Rabu, 22 Juli 2015 - 10:27 WIB
Megaproyek Properti Kawasan Satelit
Megaproyek Properti Kawasan Satelit
A A A
Proyek properti dengan skala besar tengah dibangun di kawasan pinggiran Jakarta seperti Depok, Bogor, Serpong, Tangerang, Cikarang dan Bekasi. Daerah penyangga ini beberapa tahun belakangan memang terus berkembang menjadi kota baru yang memiliki potensi bisnis properti yang cukup tinggi.

Salah satu mega proyek tersebut merupakan besutan Cowell Development Tbk (COWL) juga tengah mempersiapkan rencana besar untuk menggarap megaproyek di koridor timur Jakarta. Melalui anak usahanya, PT Nusantara Prospekindo Sukses (NPS), Cowell menggarap proyek properti terpadu hijau (green mixed use development) The Oasis.

Proyek yang berdiri di atas lahan tseluas 13,4 hektare ini menghabiskan investasi Rp1 triliun. "The Oasis merupakan kawasan hunian terpadu di kawasan industri Cikarang sekaligus menjadi investasi menguntungkan bagi para investor. Lokasinya prima, di pintu masuk kawasan industri Cikarang," kata Deputy Director Marketing and Product Development PT Cowell Development Tbk Ferry Supandji beberapa waktu lalu.

The Oasis rencananya akan berisikan lima menara apartemen, satu menara kondotel, satu menara perkantoran, dan satu area komersial. Selain itu, dilengkapi dengan fasilitas rumah sakit berketinggian empat lantai. Menurut Ferry, koridor timur Jakarta yang menjadi lokasi The Oasis semakin menarik dan diminati oleh investor lokal maupun asing.

Kawasan ini kian gencar dikembangkan sebagai lokasi hunian maupun kawasan industri dengan berbagai fasilitas lengkap. Koridor Timur Jakarta meliputi Bekasi, Cibitung Cikarang, dan Karawang. "Kelebihannya antara lain akses dari dan ke Jakarta yang mudah dilewati jalan tol, harga tanah yang masih terjangkau bahkan meninggi, serta tumbuhnya kawasan industri terutama di Cikarang,” sebutnya.

Potensi Cikarang juga ditopang oleh besarnya keberadaan ekspatriat Jepang yang mencapai 5.000 orang. Sementara PT Plaza Indonesia Jababeka yang merupakan perusahaan patungan antara PT Plaza Indonesia Realty Tbk dan PT Grahabuana Cikarang yang memulai pembangunan kawasan terpadu Mayfair Estate & Parklands, di Jababeka City, Cikarang, Jawa Barat.

Megaproyek seluas 12 hektare ini nantinya akan terdiri dari pusat perbelanjaan, dua hotel berklasifikasi bintang lima, kapel pernikahan, ruang konvensi, apartemen servis, sembilan menara apartemen strata title dan gedung perkantoran.Mayfair Estate & Parklands berkonsep ramah lingkungan dengan alokasi area hijau 4,1 hektare yang terdiri atas taman, fitur air, dan taman atap gedung.

Tahap pertama pembangunan direncanakan rampung pada 2018. Dimulai dari pembangunan hotel berbintang lima bertaraf international, apartemen servis, pusat belanja, apartemen strata, dan pusat konvensi dengan total keseluruhan area 163.000 meter persegi, termasuk dua lantai basement.

Pusat perbelanjaan pada proyek ini direncanakan terdiri atas empat lantai dengan luas bangunan sewa 55.685 meter persegi. Di dalamnya terdapat jaringan department store internasional, supermarket, bioskop, pusat kebugaran, toko pakaian, pusat elektronik, restoran, kafe, bar, dan tempat makan berkonsep Alfresco.

Rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4460 seconds (0.1#10.140)