Menperin Tak Percaya Ada PHK Massal

Kamis, 23 Juli 2015 - 13:38 WIB
Menperin Tak Percaya Ada PHK Massal
Menperin Tak Percaya Ada PHK Massal
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengaku tidak percaya dengan isu adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal, akibat pelemahan ekonomi yang terjadi belakangan ini.

Menurutnya, isu PHK massal tersebut belum tentu benar adanya. Terlebih, banyak industri baru yang tentunya akan menyerap banyak tenaga kerja. (Baca: Ekonomi Makin Lesu, Siap-siap PHK Massal)

"Ah itu belum tentu benar (PHK massal). Nanti kita koordinasi dengan instansi terkait termasuk dunia usaha, termasuk ditanyakan akibat dari pembukaan industri baru, tenaga kerja yang terserap ada berapa banyak. Itu justru yang penting," katanya di kantor Kemenperin, Jakarta, Kamis (23/7/2015).

Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan dunia usaha soal isu PHK massal yang dilakukan sejumlah perusahaan usai Lebaran ini. Juga terkait beberapa industri padat karya di pulau Jawa yang pegawainya terancam di PHK.

"Tentu kami akan berkoordinasi soal info-info yang kaitannya tentang pelemahan ekonomi, dan koordinasi dengan instansi terkait dan dunia usaha, masalahnya apa saja, supaya kita bisa bahu membahu agar kita bisa tetap eksis di situasi ekonomi yang begini," imbuh dia.

Politisi Partai Hanura ini menambahkan, pemerintah akan terus memantau situasi dan perkembangan ekonomi global yang berdampak pada perekonomian Indonesia, dan berimbas ke dunia usaha. (Baca: HT Prihatin Terjadi PHK Saat Mendekati Lebaran)

"Ini agar industri di tanah air bisa terus tumbuh dan tetap eksis dengan situasi yang ada. Kita punya tekad, target pertumbuhan industri tetap di 6,3%-6,8%," pungkasnya.

Baca juga:

Ekonomi Lesu, Pengusaha Anggap Wajar PHK Massal

Ekonomi Melemah, Pengusaha Akui Terjadi PHK Massal
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7524 seconds (0.1#10.140)