Melihat Lebih Dekat Keistimewaan Rumah Desain Betawi

Rabu, 05 Agustus 2015 - 09:02 WIB
Melihat Lebih Dekat Keistimewaan  Rumah Desain Betawi
Melihat Lebih Dekat Keistimewaan Rumah Desain Betawi
A A A
Teras rumah yang lebar ditambah dengan kekhasan bentuk dan ornamennya, menambah menarik bangunan adat Betawi ini.

Bagian rumah paling depan ini memang menjadi bagian favorit untuk melakukan segala aktivitas bersama keluarga. Hunian dengan mengambil konsep adat Betawi sangat cocok diterapkan untuk kondisi geografis Indonesia.

Ciri khas dari hunian ini sebenarnya sesuai dengan masyarakat Indonesia pesisir. “Jika dilihat dari segi budayanya, masyarakat Betawi sudah turun-temurun menghasilkan suatu arsitektur dan budaya dengan ciri khas corak yang kuat dan karakter yang khas,” tutur desainer interior Denny Setiawan.

Hunian Betawi selalu menekankan pada konsep kekeluargaan dan hubungan masyarakat yang sangat erat. Hal ini bisa dilihat dari segi bangunan dengan ciri khas beranda atau teras agak luas.

Teras ini berfungsi menyambut tamu yang datang kapan saja dan bisa dengan bebas memakai teras tersebut. Ditambah banyak menggunakan jendela yang dibuka lebar, dan tidak lepas dari permainan tanaman hijau untuk menambah keasrian rumah Betawi ini.

Jika Anda berniat untuk membangun hunian dengan konsep Betawi, sebaiknya perhatikan beberapa elemen terpenting berikut ini. Pembagian ruang dalam hunian gaya Betawi adalah yang paling utama, hunian gaya Betawi ini tidak pernah terlepas dari bagian teras, ruang tengah atau ruang keluarga, kamar-kamar biasanya dibangun di sekitar ruang tengah dan dapur.

“Arsitektur hunian gaya Betawi pada umumnya menggunakan desain rumah panggung. Itu karena masyarakat Betawi pada masa lalu tersebar dari pesisir pantai dan pedalaman sehingga ini menjadi salah satu ciri khas dari rumah Betawi sampai sekarang,” lanjut Denny.

Sisi menarik dari rumah Betawi, yaitu memiliki konsep keterbukaan, mulai penggunaan jendela yang dapat dibuka lebar, hingga penggunaan pintu kayu yang selalu dibiarkan terbuka.

“Hunian Betawi selalu memiliki karakter yang kuat. Hal ini karena sifat orang Betawi yang mudah bergaul dan terbuka,” kata Denny. Hunian Betawi bisa juga dapat diaplikasikan pada hunian modern.

Konsep keterbukaan yang dimiliki bisajuga diterapkan dalam rumah modern dengan menggabungkan ciri khas teras sebagai pengganti ruang tamu. Rumah modern dapat didesain dengan menggunakan bahan yang modern serta ditambah dengan penataan yang juga modern sehingga juga dapat menghadirkan konsep keterbukaan sebagai karakter Betawinya.

“Pada dasarnya hunian adat Betawi ini bisa diterapkan pada hunian yang bergaya modern. Itu karena desain awal hunian Betawi ini dapat dikatakan cukup fleksibel dan mudah diterapkan pada setiap desain bangunan,” lanjut Denny.

Sebenarnya dalam konsep rumah Betawi mengenal hierarki atau pembagian ruang yang diatur, yaitu teras yang juga difungsikan sebagai ruang tamu di luar atau ruang publik.

Aprilia S Andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3194 seconds (0.1#10.140)