Jokowi Putuskan Penggarap Kereta Cepat Akhir Agustus

Selasa, 11 Agustus 2015 - 15:21 WIB
Jokowi Putuskan Penggarap Kereta Cepat Akhir Agustus
Jokowi Putuskan Penggarap Kereta Cepat Akhir Agustus
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memutuskan siapa yang bakal menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung pada akhir Agustus tahun ini.

Pemerintah Jepang dan China bersaing untuk menggarap ataupun menjadi investor proyek tersebut. Kedua negara ini juga telah mengajukan proposal ke Jokowi.

Namun, hingga saat ini pemerintah masih mengkaji studi kelayakan yang diajukan pemerintah Jepang dan China. (Baca: China Serahkan Uji Kelayakan Kereta Cepat ke Jokowi)

"Kereta cepat pada akhir bulan ini akan kita putuskan setelah melalui tahapan assesment (Penilaian) dari konsultan yang akan memberikan masukan pada pemerintah," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/8/2015).

Dia menjelaskan, penilaian itu melingkupi sisi biaya, teknis, konstruksi maupun teknologi. Jokowi berjanji akan mengumumkan siapa yang akan menggarap proyek itu setelah pemerintah memutuskan.

"Juga berhitung jangka panjang, kandungan lokal. Kalau sudah diputuskan baru diomongkan," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi memastikan tidak ada konflik berkepentingan (conflict of interest) terkait konsultan yang memberikan masukan pada pemerintah atas proyek itu.

"Sudah feasibility study-nya (studi kelayakannya) 100% diserahkan ke kita, termasuk tawaran mengenai investor, kapan selesai dan lainnya. Tinggal dinilai, dinilai maksudnya yang mana yang ingin kita pakai," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7033 seconds (0.1#10.140)