Mendag: Operasi Pasar Suatu Keharusan

Rabu, 19 Agustus 2015 - 13:47 WIB
Mendag: Operasi Pasar Suatu Keharusan
Mendag: Operasi Pasar Suatu Keharusan
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong mengatakan, menggelar operasi pasar menjadi sebuah keharusan bagi Mendag tentang policy tools standart untuk menjaga harga komoditi tetap stabil.

Menurutnya, di negara seperti Amerika Serikat pun pemerintahnya tidak segan turun ke pasar jika dirasa ada gejolak harga yang tidak sesuai dengan semestinya.

"Ini (operasi pasar) adalah ‎suatu keharuskan, karena merupakan policy tools yang standar. Seperti di AS, ada pertolium reserve. Jadi kalau harga solar naik, pemerintah AS juga akan lepas ke pasar pasokan solarnya. Kan di sana orang banyak naik mobil sehingga harga bensin dan solar menjadi penting," katanya di Jakarta, Rabu (19/8/2015)

Di Indonesia, lanjut dia, kondisinya sama dengan di AS. Namun, Indonesia saat ini sedang bermasalah di sektor pangan. Sehingga mengharuskan pemerintah harus turun ke pasar untuk mengantisipasi lonjakan harga pangan.

‎Strategi pasar tersebut, dirasa harus dipakai terus sesuai kondisi yang terjadi di pasar. Karena menurut Lembong, lebih baik lakukan operasi pasar dibanding menyuruh pedagang lakukan penurunan harga jual.

"Lebih baik mencoba menertibkan harga dan pasokan dengan operasi pasar, daripada menyuruh pedagang turunkan harga dengan kekakuan seperti itu," katanya.

Selain operasi pasar, peran Bulog juga penting untuk menjaga pasokan komoditi masyarakat. Bukan hanya mengurus soal pasokan beras, namun komoditi pangan lainnya.

"Kalau kita konsennya ke pangan, sehingga layak sekali jika pemerintah punya badan seperti Bulog, sehingga saya dukung sepenuhnya upaya Bulog untuk bantu pemerintah," ujar dia.

Bulog, sejauh ini tidak banyak bermain di daging sapi, lantaran hanya fokus ke beras. Maka untuk ke depannya, Lembong berharap Bulog bisa terjun langsung untuk urusan sapi dan lainnya.

"Kalau Bulog bisa terjun langsung ke urusan daging, diharapkan konsumsi protein akan meningkat seiring peningkatan kesejahtean secara umum," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7496 seconds (0.1#10.140)