Solusi HT Atasi Pelemahan Ekonomi

Selasa, 25 Agustus 2015 - 09:33 WIB
Solusi HT Atasi Pelemahan Ekonomi
Solusi HT Atasi Pelemahan Ekonomi
A A A
JAKARTA - Melihat kondisi ekonomi yang melemah, CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengungkapkan solusi dalam mengatasi masalah ini. Yaitu, menggalakkan investasi dan mempercepat belanja pemerintah.

"Tidak ada jalan lain lagi. Itulah saran saya saat ini adalah bagaimana kedua hal di atas bisa dilaksanakan secara tepat sasaran dan cepat," ujarnya, Selasa (25/8/2015).

HT memaparkan, dalam solusi ini langkah pertama yang perlu dilakukan semua kebijakan dan praktik yang menghambat investasi dan belanja pemerintah harus dipangkas. Kedua, bank fokus pada pembiayaan sektor produktif, bukan konsumtif (harus dengan "paksaan").

Ketiga, proyek-proyek infrastruktur yang dipegang broker dan tidak dikerjakan dialihkan ke BUMN-BUMN yang relevan agar bisa berjalan. (Baca: HT: Kebijakan Penghambat Investasi Harus Direvisi)

Hal lain yang harus diantisipasi, kata Ketua Umum Partai Perindo ini, adalah penerimaan pajak akan berkurang banyak dengan lesunya ekonomi. Dari sekarang sudah harus dipikirkan alternatif pendanaan agar APBN tetap bisa dilaksanakan.

"Saya sebenarnya punya banyak konsep penataan UMKM, petani, nelayan dan lain-lain. Dan ini penting dalam kondisi saat ini karena dengan kurs USD/Rp yang melejit, justru kelompok marginal ini yang paling kena imbasnya. Kualitas hidup mereka turun drastis," tandas HT.

Baca juga:

Kondisi Ekonomi dalam Bahaya

Rupiah Makin Kritis, Ini Komentar Chatib Basri

Jangan Remehkan Kondisi Ekonomi
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4967 seconds (0.1#10.140)