Emiten BUMN Lebih Baik Ekspansi daripada Buyback

Selasa, 25 Agustus 2015 - 12:00 WIB
Emiten BUMN Lebih Baik Ekspansi daripada Buyback
Emiten BUMN Lebih Baik Ekspansi daripada Buyback
A A A
JAKARTA - Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, lebih baik emiten BUMN tetap melakukan ekspansi daripada pembelian kembali saham (buyback).

Menurutnya, setiap BUMN memiliki ketersediaan dana yang berbeda satu sama lain, sehingga ada yang sudah menggunakannya untuk ekspansi dalam bentuk belanja modal (capital expenditure/capex).

"Ada tidak anggaran tahun ini untuk lakukan buyback? Pilihannya lakukan buyback atau rencana ekspansi? Kalau saya lebih pilih ekspansi, lebih untung ekspansi," ujarnya kepada Sindonews di Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Reza menyampaikan, pelaku pasar menunggu implementasi buyback 13 perusahaan milik pemerintah tersebut. Kendati demikian, ada beberapa hal yang dinilainya sulit tercapai untuk dilakukan seluruh BUMN karena keterbatasan dana.

"Buyback 13 BUMN yang ditunggu pelaku pasar implementasinya. Kalau manajemen BUMN akan lakukan buyback sekian, berapa dana yang dibutuhkan?" jelas Reza.

Sementara dana sebesar Rp10 triliun untuk buyback, menurutnya, cukup besar tapi akan bagus jika dilakukan secara serentak.

"Makanya manajemen masing-masing BUMN sudah siapkan anggaran. Kalau tetap dipaksakan lakukan buyback padahal dananya terbatas paling nilai buyback-nya menjadi kecil," pungkasnya.

(Baca: Mulai Besok, 13 BUMN Siap Buyback Saham Rp10 T)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8661 seconds (0.1#10.140)