Memilih Lokasi Rumah Seken

Rabu, 02 September 2015 - 08:46 WIB
Memilih Lokasi Rumah...
Memilih Lokasi Rumah Seken
A A A
Lokasi, lokasi, dan lokasi. Itu adalah tiga kata terpenting ketika Anda memilih hunian, termasuk hunian bekas, baik rumah tapak maupun apartemen. Lokasi tidak hanya menentukan harga hunian, juga kualitas hidup begitu Anda pindah ke daerah tersebut.

Memilih rumah bekas lebih rumit dibandingkan rumah baru. Anda harus ekstrahati- hati, sabar, dan cermat. Di samping banyak calo yang hanya memikirkan keuntungan pribadi, rumah bekas (seken) juga sarat masalah yang ditinggalkan kalau Anda tidak cerdas memilih. Namun, jangan khawatir.

Ada banyak rumah seken yang dijual saat ini, pasti ada beberapa kriteria yang mungkin sesuai dengan keinginan Anda. Buat Anda yang sedang mencari-cari rumah bekas, ada baiknya mengetahui ciri-ciri lokasi hunian yang baik untuk rumah bekas Anda. Rumah bekas yang baik adalah yang punya nilai ekonomi.

Rumah tapak akan menjadi aset Anda begitu membelinya. Karena itu, Anda harus bisa memperkirakan pergerakan harga tanah di daerah tersebut. Jika Anda lihat bahwa nilai investasi di daerah tersebut akan naik dalam tahun-tahun mendatang, misalnya akan masuk perusahaan pengembang mal dan perkantoran, maka lokasi yang Anda pilih layak menjadi aset Anda. Akses bagus juga harus menjadi pertimbangan.

Jalan adalah infrastruktur yang Anda harus perhitungkan saat memilih lokasi hunian. Tentu saja, semakin banyak akses seperti jalan tol ke lokasi hunian Anda, maka semakin mudah Anda bepergian. Bukan itu saja, semakin baik akses ke daerah tersebut, maka semakin bagus pergerakan nilai aset yang Anda akan beli. Namun, akses bagus tidak hanya dilihat dari jumlah jalan besar menuju daerah tersebut, juga kelancaran lalu lintas ketika ke sana.

Terdapat pula infrastruktur pendukung. Selain jalan, Anda juga harus mempertimbangkan kehadiran infrastruktur pendukung, khususnya listrik dan air. Anda harus pastikan bahwa ada pembangkit listrik yang memasok listrik secara stabil ke daerah Anda. Begitu juga air. Lokasi hunian Anda harus mendapatkan pasokan air bersih, baik dari tanah maupun PAM dengan lancar. Tak ketinggalan pula terdapat fasilitas umum.

Fasilitas umum yang paling penting adalah rumah sakit dan tempat belanja. Jika Anda merencanakan atau sudah memiliki keluarga, maka pastikan ada sekolah bagus di daerah Anda atau sekolah anak Anda tidak terlampau jauh dari hunian Anda. Soal peta transportasi publik dan infrastruktur, biasanya Anda mengetahui hal ini dari agen properti atau staf penjualan milik developer.

Sebaiknya Anda mencari informasi dengan lebih akurat, kalau perlu browsing sebanyak-banyaknya tentang rencana pengembangan infrastruktur di seputar kawasan itu. Contoh, harga rumah di kawasan Cibinong dan Gunung Putri, Bogor, bisa dipastikan akan melonjak dalam beberapa waktu ke depan.

Kenapa? Karena baru-baru ini, PT KAI sudah membuka jalur kereta listrik commuter line ke arah sana sehingga kawasan ini pun naik sederajat dengan kawasan Bojong Gede, Depok, Serpong, Legok, Parung Panjang, Bekasi, dan akan dipenuhi oleh kaum komuter yang mengandalkan moda transportasi kereta api.

Nah yang juga penting adalah bebas banjir. Banjir telah menjadi masalah besar bagi banyak orang, termasuk mereka yang tinggal di Jakarta. Dengan begitu, lakukanlah riset, seperti dengan membaca berita di internet untuk mengetahui seberapa rawan lokasi hunian Anda dan daerah di sekitarnya terhadap banjir.

Rendra Hanggara
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0764 seconds (0.1#10.140)