Jonan Soroti Aspek Keamanan Kereta Cepat

Rabu, 02 September 2015 - 20:34 WIB
Jonan Soroti Aspek Keamanan Kereta Cepat
Jonan Soroti Aspek Keamanan Kereta Cepat
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyoroti aspek keamanan (safety) proyek kereta cepat (high speed train/HST) yang diajukan China dan Jepang.

Seperti diketahui, saat ini kedua negara tersebut tengah bersaing kontes kecantikan (beauty contest) menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. China dan Jepang sama-sama mengajukan proposal dan tengah dalam proses penilaian pemerintah beserta tim konsultan dari Boston Consulting Group.

"Saya tadi ngasih masukan (soal kereta cepat). Kita paling konsen soal safety. Soal safety nanti dipersyaratkan, safety-nya kayak apa?" ungkap Jonan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Menurutnya, pemerintah akan memikirkan pandangan yang berbeda terkait proyek prestisius Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. Namun, dia tidak menyebutkan lebih lanjut soal pandangan yang dimaksud itu. (Baca: Pengumuman Pemenang Proyek Kereta Cepat Molor)

Mantan bos PT Kereta Api Indonesia (Persero) tersebut menambahkan, semua keputusan mengenai kelayakan ataupun pemenang tender kereta cepat ada di tangan Jokowi.

"Kita akan memikirkan pandangan yang berbeda terhadap pekerjaan ini. Ya, tentunya (yang menentukan Presiden Jokowi)," tandasnya.

Baca juga:

Kereta Cepat Jepang versus China

Jonan Belum Terima Hasil Kajian BCG soal Kereta Cepat

Jepang Akui Bersaing Keras dengan China
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5386 seconds (0.1#10.140)