Tom Lembong Butuh Rp3 T Bangun Cold Storage Raksasa

Rabu, 16 September 2015 - 23:15 WIB
Tom Lembong Butuh Rp3 T Bangun Cold Storage Raksasa
Tom Lembong Butuh Rp3 T Bangun Cold Storage Raksasa
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong menyebutkan, pemerintah membutuhkan sekitar Rp3 triliun untuk membangun fasilitas penyimpanan hasil pertanian (cold storage) raksasa seperti di Dubai, Uni Emirat Arab.

Dia mengungkapkan, pembangunan 'kulkas' raksasa ini pun tidak bisa diselesaikan dalam waktu cepat agar yang dihasilkan maksimal.

"Jadi, kalau mau bangun (cold storage) yang bagus dan bermanfaat puluhan tahun ke depan, investasinya triliunan. Katakan Rp2-Rp3 triliun lah," katanya di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Bahkan, Dubai telah merencanakan pembangunan cold storage milik mereka 20 hingga 30 tahun sebelumnya. Sebab itu, Indonesia tidak akan sepenuhnya mencontoh cold storage milik Dubai karena membutuhkan waktu hingga puluhan tahun untuk terealisasi.

"Kita harus rasional dan ekonomis. Bukan karena gengsi dan ego, jadi nanti kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan dan data yang ada," imbuh dia.

Menurut Lembong, cold storage yang akan dibangun Indonesia pun tidak akan langsung bombastis. Nantinya, tahap pertama pembangunan hanya untuk pilot project.

"Jadi nanti kita ambil pelajaran dari pilot project ini baru kita sebarkan yang banyak. Ini masih tahap awal, tapi tim ekonomi sangat serius soal ini. Dalam bulan berikutnya akan terus ada upgrade mengenai perkembangan konsep ini," tuturnya.

Dia menambahkan, pembangunan 'kulkas' raksasa ini pun akan mengikuti skema pembangunan proyek infrastruktur lainnya di mana pendanaan akan menggunakan skema public private partnership (PPP) atau kerja sama antara pemerintah dan swasta.

"Kalau saya pribadi selalu cenderung mau buka untuk sektor swasta, dan sejak awal pemerintahan Jokowi kan sudah didorong konsep PPP. Tidak beda dengan proyek infrastruktur lain, jadi 70% hingga 80% akan dikerjakan swasta," tandas Lembong. (lly)

Baca:Mendag Akan Bangun Cold Storage Raksasa Sekelas Dubai
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4456 seconds (0.1#10.140)