alexametrics

REI Sambut Positif Komitmen Pemda Permudah Perizinan

loading...
A+ A-
JAKARTA - Persatuan perusahaan Realestate Indonesia (REI) menyambut positif komitmen pemerintah daerah (Pemda) memberikan kemudahan perizinan untuk pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Kemudahan izin dari Pemda akan mendorong suksesnya program Sejuta Rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo," kata Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy dalam rilisnya, Minggu (20/9/2015).

Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Direktur Kawasan Perkotaan dan Perbatasan Negara, Budiono Subambang juga menyampaikan, dalam rangka mendukung satu juta rumah kementerian sedang melakukan sosialisasi dan koordinasi terhadap PNS dalam lingkup kementerian.

Dia menuturkan, langkah ini diharapkan dapat memberi kemudahan proses perizinan yang harus dilakukan pengembang di daerah.

"Sosialisasi Sejuta Rumah kepada PNS dalam lingkup Kemendagri penting untuk menyamakan pemahaman terkait program Sejuta Rumah sehingga kalangan PNS di daerah juga dapat memberikan dukungan penuh terhadap program ini," kata dia.

Kemendagri menegaskan Pemda harus berperan aktif untuk mendorong program Sejuta Rumah hingga terlaksana sukses. Saat ini Kemendagri juga tengah menginventarisasi aset di daerah yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk pembangunan perumahan.

Ketua DPD REI Banten Soelaeman Soemawinata mengatakan, antara Pemda dan pengembang telah memiliki semangat dan tujuan sama untuk mendukung Sejuta Rumah, maka proses perizinan dipastikan tanpa hambatan.

"Diakui dari sisi Perda memang terdapat tantangan sehingga lama dan menjadi rumit, tapi jika Gubernur, Bupati/Walikota di daerah memiliki semangat untuk mempercepat maka tantangan perizinan dapat teratasi tanpa memerlukan revisi Perda," ungkapnya.

Eddy menuturkan, REI memberikan apresiasi positif terhadap komitmen sejumlah kementerian yang akan mempermudah perizinan. "Saat ini kami belum merasakan hal tersebut di daerah-daerah. Kami ingin mengajak semua stakeholder perumahan di daerah untuk memiliki komitmen dan tanggung jawab yang sama untuk mensukseskan Sejuta Rumah," ujar dia.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top