Kabut Asap Rugikan Sektor Logistik Rp6 Miliar/Hari

Senin, 28 September 2015 - 19:21 WIB
Kabut Asap Rugikan Sektor Logistik Rp6 Miliar/Hari
Kabut Asap Rugikan Sektor Logistik Rp6 Miliar/Hari
A A A
JAKARTA - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mengemukakan kabut asap yang melanda beberapa provinsi di Indonesia menyebabkan kerugian logistik mencapai Rp6 miliar per hari. Kerugian ini terjadi karena terhambatnya perjalanan logistik dari satu daerah ke daerah lain akibat kabut asap yang menyebar ke beberapa daerah.

Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan‎ menyatakan, ini merupakan masalah yang tidak mudah untuk pemerintah Presiden Joko Widodo. Ditambah lagi dengan dampak deregulasi yang masih kecil manfaatnya.

‎"Akibat kebakaran hutan saja, kita di sektor logistik merugi Rp5-Rp6 miliar per hari. Itu 1 hari lho, bukan seminggu atau sebulan. ‎Jadi ini masalahnya enggak mudah untuk pemerintah. Kita juga enggak boleh pesimis, tapinya harus optimis kalau ini bakalan membaik," ujar Yukki di Jakarta, Senin (28/9/2015)

Karena banyaknya masalah yang terjadi, Yukki mengimbau untuk mendorong pemerintah melakukan langkah konkret untuk masyarakat khususnya pelaku usaha, agar tidak melulu tergerus lantaran pelemahan ekonomi.

"Saya bilang, pemerintah khususnya kepala negara sudah memiliki komit ya, tapi implementasinya masih sedikit terjadi. Bahkan, banyak masalah yang implementasinya katanya sudah, tapi di lapangan nyatanya belum. Ini yang harus dilakukan sama-sama," katanya.

Hingga saat ini, menurut Yukki, undang-undang yang murni mengatur logistik belum ada. Yang ada hanya UU mengatur soal transportasi, itupun lebih kepada subjek pelakunya.

"Di Indonesia, belum ada UU soal logistik. Adanya UU yang mengatur soal transportasi. Tapi itu lebih mencakup ke orangnya, bukan ke barang," tandasnya.

Baca: Ekonomi Indonesia Butuh Obat Kuat
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5283 seconds (0.1#10.140)