Indonesia Batal Impor Beras dari Thailand

Senin, 09 November 2015 - 12:53 WIB
Indonesia Batal Impor Beras dari Thailand
Indonesia Batal Impor Beras dari Thailand
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan, Indonesia tidak akan impor beras dari Thailand karena cadangan beras negara tersebut sudah menipis.

Damin mengatakan, pemerintah justru berkomitmen untuk mengimpor beras dari Vietnam. Namun, dia akan melihat ketersediaan beras dalam negeri, lantaran saat ini hingga akhir tahun cadangan beras sudah tidak terlalu mengkhawatirkan.

"Untuk hingga akhir tahun, ini sudah ada jatahnya. Kita komitmennya dengan Vietnam. Dengan Thailand tidak karena berasnya sudah sangat tipis, tapi api mungkin untuk akhir tahun ini kita sudah relatif tidak kurang dan enggak mengkhawatirkan lagi. Nanti kita lihat musim kering ini akan berlanjut atau sudah masuk musim penghujan," kata Darmin di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (9/11/2015).

Pasalnya, kata dia, jika sudah masuk musim penghujan, berarti musim tanam tidak bergeser karena seharusnya musim tanam petani seharusnya November.

"Kalau masih akan terjadi kekeringan agak panjang, itu berarti musim tanam bergeser. Kalau bergeser akan membuat kebutuhan kurang dan enggak bisa dipenuhi karena panen bergeser," ujarnya.

Darmin juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir, karena impor tersebut belum masuk ke Indonesia lantaran stok beras dalam negeri masih mencukupi.

"Nanti kita lihat dulu. Kekeringannya tinggi atau enggak dari sini. Kalau dari vietnam kita lihat saja, apakah perlu di bawa masuk. Kalau tidak perlu ya enggak di bawa masuk. Jangan pernah khawatir, itu belum masuk barangnya‎," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5936 seconds (0.1#10.140)